IMPLEMENTASI FUZZY C-MEANS DALAM KLASTERISASI KABUPATEN/KOTA DI PULAU SULAWESI BERDASARKAN KINERJA PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH

Roni Anom Satrio

Abstract


Pembangunan ekonomi merupakan rangkaian usaha dalam suatu perekonomian guna mengembangkan kegiatan ekonomi dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat. Pembangunan ekonomi nasional tidak terlepas dari pembangunan ekonomi daerah. Pulau Sulawesi merupakan salah satu daerah di Kawasan Indonesia Timur yang mengalami pertumbuhan ekonomi pesat. Meski perekonomian Sulawesi tumbuh dengan pesat, namun sumber perekonomiannya sebagian besar masih berpusat di salah satu daerah saja. Dengan demikian, penelitian ini memiliki tujuan untuk membentuk klaster kabupaten/kota di Pulau Sulawesi berdasarkan kinerja pembangunan ekonomi daerah dengan menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means. Sebanyak 81 kabupaten/kota di Sulawesi dibagi kedalam lima klaster dan diperoleh fungsi objektif yang konvergen pada iterasi ke-663 sebesar . Klaster 1 merupakan Klaster Pembangunan Ekonomi Menengah Kebawah, terdiri dari 21 kabupaten. Klaster 2 merupakan Klaster Pembangunan Ekonomi Menengah, terdiri dari lima kabupaten. Klaster 3 merupakan Klaster Pembangunan Ekonomi Rendah (Tertinggal), terdiri dari 18 kabupaten. Klaster 4 merupakan Klaster Pembangunan Ekonomi Menengah Atas, terdiri dari 45 kabupaten/kota. Klaster 5 merupakan Klaster Pembangunan Ekonomi Tinggi, terdiri dari dua kabupaten dan 11 kota.


Keywords


Clustering

References


Risqiyani, T. A., & Kesumawati, A. (2016). Pengelompokkan Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan Fuzzy C-Means Clustering (Studi Kasus: Jumlah Kasus Gizi Buruk, Faktor Sarana dan Tenaga Kesehatan Serta Faktor Kependudukan di Jawa Tengah 2014). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.

Widaryoko, Nanang. (2011). Analisis Klasifikasi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Peubah Kinerja Pembangunan Daerah Tahun 2010. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik. (2019). Publikasi Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2014-2018 . Jakarta : BPS RI

Badan Pusat Statistik. (2019). Publikasi Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota Tahun 2018. Jakarta : BPS RI

Hidayat, R., Wasono, R., & Darsyah, M. Y. (2017). Pengelompokan Kabupaten / Kota Di Jawa Tengah, (October), 240–250.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogjakarta: Graha Ilmu.

Handoyo, S., & Purwanto, S. P. A. (2017). Sistem Fuzzy Terapan dengan Software R. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Ahmadi, A., & Hartati, S. (2013). Penerapan Fuzzy C-Means dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM-MPd (Studi Kasus PNPM-MPd Kec. Ngadirojo Kab. Pacitan). Berkala MIPA, 23(3).

Ananda, C. F. (2018). Pembangunan ekonomi daerah: dinamika dan strategi pembangunan. Universitas Brawijaya Press.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v9i1.18319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Crossref Cited-by logo