PENERAPAN METODE RANDOM FOREST UNTUK KLASIFIKASI WANITA USIA SUBUR DI PERDESAAN DALAM MENGGUNAKAN INTERNET (SDKI 2017)

Intan Maulida Khoirun Nisa', Rani Nooraeni

Abstract


Internet adalah salah satu media penyebarluasan pengetahuan mengenai alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi diketahui sebagai pengendali fertilitas. Faktannya, masih terdapat 32 persen desa di Indonesia yang belum dapat mengakses internet. Berdasarkan data SDKI 2017, tingkat fertilitas di desa relatif lebih tinggi daripada di kota. Fertilitas yang tinggi di daera perdesaan disebabkan oleh rendahnya pengetahuan mengenai penggunaan alat kontrasepsi. Berdasar pada data SDKI pula, kebutuhan alat atau cara KB belum terpenuhi di perdesaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi WUS di pedesaan dalam menggunakan internet menggunakan model random forest. Model rabdom forest dapat digunakan untuk memprediksi variabel prediktor. Model yang dibentuk menggunakan 80 persen dari data total dengan jumlah data sebanyak 35.939 data dan data testing yang digunakan sebanyak 8.984 data. Terdapat tiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu umur, tingkat pendidikan yang ditamatkan, dan indeks kekayaan. Seluruh variabel yang didapat dari SDKI tahun 2017 dengan beberapa modifikasi. Dalam model yang terbentuk, variabel yang memiliki kontribusi terbesar adalah tingkat pendidikan yang ditamatkan.


Keywords


: random forest, wanita usia subur, pengguna internet

References


Chen, Chao (2004). Using Random Forest in Learn Imbalanced Data. UC Berkeley: Department of Statistic

Felicia, Zelia dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Berbagai Jenis Alat Kontrasepsi terhadap Kelahiran di Kota Surabaya. Jurnal Statistika Vol. 8 No. 1

Filter, D., & Prichett, L. H. (2012). Estimating Wealth Effect Without Expenditure Data-or Tears: An Application to Educational Enrollments in States of India. Demography 38 (1).

Kristiani, N. (2013). Analisis Perbedaan Frekuensi Penggunaan Internet Berdasarkan Faktor Demografi. Jurnal Eksekutif Volume 10 No 1.

Nur, Aulia. (2014). Pengaruh Usia, Tingkat Pendidikan, dan Jenis Kelamin terhadap Perilaku Konsumsi Media. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rahani, Rini. (2012). Variabel-Variabel yang Memengaruhi Status Kekayaan Rumah Tangga dengan Kepala Rumah Tangga Janda Bekerja Berdasarkan Wealth Index di Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

Sari, Silviana Kartika dkk. (2010). Hubungan Konseling Keluarga Berencana (Kb) Dengan Pengambilan Keputusan Pasangan Usia Subur (Pus) Dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi. Bidan Prada, Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 1 No. 1 Edisi Desember 2010

Susanto, A. (2015). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Internet Masyarakat Desa Pasar VI Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Volume 5 No 1.

Wahid, Fathul. (2005). Apakah perempuan Indonesia Terbelakang dalam Adopsi Internet?*: Temuan Empiris. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v8i1.13162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Crossref Cited-by logo