Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Abstract
Prestasibelajaryangdicapaimahasiswapada hakekatnya merupakanpencerminandari usaha belajar. Padaumumnya semakinbaikusaha belajarmaka semakinbaik pula prestasi yangdicapai.Tentunya halinitidakterlepasdarifaktor-faktoryangmempengaruhinya antaralainminat,motivasi,tingkatpendidikanorangtua,tingkatpendapatanorangtua, dan lain sebagainya. Penelitian ini membahas tentang faktor pengaruh yaitu minat, motivasi,tingkatpendidikanorangtua,tingkat pendapatanorangtua,danjumlahanak tanggunganorangtua terhadapprestasibelajarmahasiswaJurusanPendidikanMatematika FakultasTarbiyahdanKeguruan UIN AlauddinMakassar.Populasidalam penelitianini adalahseluruhmahasiswa angkatan2010UIN AlauddinMakassaryang berjumlah98 orang. Adapunteknik sampling yang digunakanadalahsampel jenuhatausampel populasi. Teknik pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanwawancara,kuesioner, dan dokumentasi.Teknikanalisisdata menggunakananalisisstatistikdeskriptif dananalisis statistikinferensial.Berdasarkanhasilanalisisstatistikdeskriptifdiperolehdata bahwa mahasiswaJurusanPendidikanMatematika Angkatan2010 FakultasTarbiyahdan KeguruanUINAlauddinMakassarmemiliki(1) minat belajar sebesar76,53% termasuk dalamkategoritinggi; (2)motivasi belajar sebesar 53,06%termasukdalamkategoritinggi; (3)tingkatpendidikanorangtua43,88% bependidikanSMU,termasukdalamkategori sedang;(4)tingkatpendapatanorangtuasebesar 50% mempunyaipenghasilanlebih dari Rp1.000.000,-perbulan,termasukdalamkategoritinggi;dan(5)orangtuamahasiswa yangmempunyaitanggungan3-4 oranganaksebanyak 44,90%,termasuk dalamkategori sedang.Adapunprestasibelajar mahasiswaJurusanPendidikanMatematikaAngkatan 2010FakultasTarbiyahdanKeguruanUINAlauddinMakassartergolongdalamkategori sangatmemuaskan,yaitusebanyak67,35%mahasiswamempunyaiIndeksPrestasiantara2,76sampai3,50.
Hasilanalisisstatistik inferensialmenyimpulkanbahwa minat(X1),motivasibelajar (X2),tingkat pendidikanorangtua(X3),tingkat pendapatanorangtua(X4),danjumlah anaktanggungan orang tua (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajarmahasiswa(Y)yangditunjukkanolehnilaiFhitung sebesar11,275lebihbesardari nilaiFtabelsebesar2,30.Pola pengaruhantara keenamvariabelinidinyatakanoleh persamaanregresiganda: Y= 1,233 + 0,011 X1 + 0,0014 X2 + 0,004 X3 + 0,005 X4 + 0,005 X4 + 0,002 X5.
Downloads
References
[2] Arif Tiro, Muh., Dasar-dasar Statistika, Ujungpandang: Badan Penerbit UNM, 1999.
[3] Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Bandung: Rineka Cipta, 1992.
Abustam, M. Idrus. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Makalah pada Seminar Sehari dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional tahun
1996 Sulawesi Selatan pada hari Senin, tanggal 2 Desember 1996.
[4] Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
[5] Ardhana, W. 1996. Dasar-dasar Kependidikan. Malang : IKIP Malang.
[6] Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
[7] Darhim, Workshop Matematika, Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.
[8] Depdikbud, Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil Kegiatan Belajar, Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.
[9] Hasan, Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensial), Jakarta: PT. Bumi Aksara,
2003.
[10] Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: Rineka Cipta, 1989.
[11] -------------------, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2003.
[12] Mahmud, D. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi, Depdikbud.
[13] urwanto. M. Ngalim. 1985. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remadja Karya. Siagian, S. P. 1985. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Bina Aksara.
[14] Sidi, I.P. 1984. Perkembangan Anak dan Pengaruh Bentuk Keluarga Terhadap Usaha Realisasi
Kemampuan Anak (Makalah) dalam buku Keluarga Indonesia Menyambut Tahun 2000 : BKKBN.
[15] Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Direka Cipta.
[16] Sukirman. 1995. Analisis Beberapa Faktor terhadap Kesejahteraan Keluarga. Ujungpandang : Tesis PPs UNHAS.
[17] Sudjana, Metoda Statistika, Edisi ke 6, Bandung:Tarsito, 1996.
[18] Suherman, Erman, dkk., Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI, 2003.
[19] ugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2003.
[20] Suyata. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Makalah untuk Penataran dan Lokakarya Sekolah dan Orang Tua (BP3). Jakarta : Direktorat Dokumen.
[21] ilaar, H. A. R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Jakarta : Tera Indonesia.