PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL‎ BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BONTOMATENE‎ KEPULAUAN SELAYAR

  • Irma Magfirah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri, kebiasaan belajar dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Bontomatene Kepulauan Selayar, tidak ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Bontomatene Kepulauan Selayar dan ada pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk konsep diri diperoleh nilai rata-rata 60,56 berada pada kategori tinggi dari 66 sampel diperoleh nilai terendah 43, nilai tertinggi 70 dengan standar deviasai 5,82, untuk kebiasaan belajar diperoleh nilai rata-rata 72,07 berada pada kategori sedang dari 66 sampel diperoleh nilai terendah 52, nilai tertinggi 89 dengan standar deviasi 7,25 dan untuk tingkat hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 77,68 berada pada kategori sedang dari 66 sampel diperoleh nilai terendah 60, nilai tertinggi 85 dengan standar deviasai 7,45. Adapun hasil analisis statistik inferensial (Regresi Linear Berganda) diperolehFhitung>Ftabel (6,334 > 3,14). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S., dkk. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitriani. (2014). “Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone.” Skripsi. Makassar: UIN Alauddin.

Manfaat, B. (2010). Membumikan matematika dari kampus ke kampung. Cirebon: Eduvision Publishing.

Prayitno. (1999). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, h.282. Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Cet, 28; Bandung: Rosda.

Santrock, J. W. (2007). Remaja. Edisi 11 Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. (1996). Statistika pendidikan. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya h. 70. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press.

Sugiono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Cet. 16; Bandung: Alfabeta.

Sukawati, E. (2008). Hubungan konsep diri matematika, dukungan otonomi guru, dan kecemasan matematika dengan prestasi belajar. Tesis Pasca Sarjana Magister Sains Psikologi, Semarang.

Surya, M. (2013). Psikologi guru konsep dan aplikasi dari guru untuk guru. Bandung: Alfabeta.

Syamsul, B. (2013). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Prenada Media.

Published
2015-06-15
Section
Articles
Abstract viewed = 3277 times