Analysis of Students' Errors in Solving Ethnomathematics-Based Mathematical Literacy Problem in Moa Island
DOI:
https://doi.org/10.24252/mapan.2025v13n1a8Keywords:
Error, Literacy, Ethnomathematics, NoltingAbstract
This study aims to examine the mathematical literacy skills of junior high school students on Moa Island by identifying the types of errors they commonly make when solving mathematical literacy problems designed with cultural relevance. The problems were developed to reflect local contexts, following an ethnomathematics-based approach that situates learning within students’ real-life experiences and community practices. This descriptive qualitative research involved 56 junior high school students from various schools on Moa Island, selected by their mathematics teachers based on academic ability. Students completed a mathematical literacy task adapted from PISA, and their written responses were analyzed for error patterns. To validate the findings, interviews were conducted with a subset of participants selected through purposive sampling to represent each type of identified error. The analysis, guided by Nolting’s Theory, revealed five categories of errors. Misread directions errors occurred most frequently, affecting 53.5 percent of students. Concept errors were found in 39.2 percent, careless errors in 25 percent, and application errors in 12.5 percent. Study errors emerged in 82 percent of students, marking them as the most common issue. The findings suggest that students’ difficulties stem largely from limited exposure to contextual problem-solving and a strong reliance on memorization over conceptual understanding. The study highlights the importance of incorporating culturally grounded, contextual problems into mathematics instruction to strengthen literacy skills. Future research is encouraged to further explore how ethnomathematics can be more effectively embedded into assessment and teaching practices.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan literasi matematika siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Pulau Moa dengan mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang sering dilakukan saat menyelesaikan soal literasi matematika yang dirancang berdasarkan konteks budaya lokal. Soal dalam penelitian ini dikembangkan untuk mencerminkan situasi nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sebagai bagian dari pendekatan berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif dengan melibatkan 56 siswa SMP dari berbagai sekolah di Pulau Moa. Para siswa dipilih oleh guru matematika masing-masing berdasarkan kemampuan akademik, khususnya dalam bidang matematika. Setelah mengerjakan soal literasi matematika adaptasi dari PISA, peneliti melakukan analisis terhadap jawaban siswa. Validasi data diperoleh melalui wawancara dengan subjek terpilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni siswa yang mewakili setiap jenis kesalahan yang teridentifikasi. Berdasarkan analisis menggunakan teori Nolting, ditemukan lima kategori kesalahan. Kesalahan membaca petunjuk (misread directions errors) terjadi pada 53,5% siswa. Kesalahan konsep (concept errors) ditemukan sebesar 39,2%, kesalahan ceroboh (careless errors) sebesar 25%, dan kesalahan penerapan (application errors) sebesar 12,5%. Kesalahan belajar (study errors) menjadi yang paling dominan, terjadi pada 82% siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa sebagian besar disebabkan oleh kurangnya latihan soal kontekstual dan dominannya pendekatan hafalan dalam pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya pengintegrasian soal-soal matematika kontekstual yang berakar pada budaya lokal dalam pembelajaran untuk memperkuat keterampilan literasi matematika siswa. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengembangkan dan mengeksplorasi lebih dalam potensi etnomatematika secara kolaboratif bersama masyarakat setempat.
Downloads
References
Afif, N., Mukhtarom, A., Nur Qowim, A., & Fauziah, E. (2024). Pendidikan karakter dalam era digital: Pengintegrasian nilai-nilai moral dalam kurikulum berbasis teknologi. Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(1), 18–32. https://doi.org/10.31000/jkip.v6i1.11512.
Alisherovich, Y. J. (2023). The importance of mathematics in the prosperity of society. American Journal of Applied Science and Technology, 3(10), 20–24. https://doi.org/10.37547/ajast/Volume03Issue10-05.
Aroysi, G. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bertipe PISA berdasarkan teori nolting. [Thesis]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Astuti, F. R. F., Aropah, N. N., & Susilo, S. V. (2022). Pendidikan moral sebagai landasan nilai karakter berprilaku. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 10–21.
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927.
Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Coen, T., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2018). No Indonesia got schooled: 15 years of rising enrolment and flat learning profiles.
BPS Kabupaten Maluku Barat Daya. (2022). Indeks pembangunan manusia kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2021. Maluku: BPS Kabupaten Maluku Barat Daya.
BPS Kabupaten Maluku Barat Daya. (2024). Kecamatan Moa dalam angka 2024 (E. F. Akbar & E. M. Agustyani, eds.). Maluku: BPS Kabupaten Maluku Barat Daya.
BPS Maluku Barat Daya. (2023). Statistik daerah kabupaten Maluku Barat Daya 2023. Maluku: BPS Kabupaten Maluku Barat Daya.
D’ambrosio, U., & Brasil, S. P. (1980). Mathematics and society: Some historical considerations and pedagogical implications. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 11(4), 479–488. https://doi.org/10.1080/0020739800110403.
Dahoklory, A. S. K., Laurens, T., & Palinussa, A. L. (2023). Development of learning devices based on ethnomathematics of the meher tribe woven fabrics (kisar island) with realistic mathematics education approach on number pattern material. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 6(2), 82–92. https://doi.org/10.30598/jupitekvol6iss2pp82-92.
Diyah, A., Aysah, E. I. N., Fadhilla, F. N., Serly, W. A., & Darmadi, D. (2021). Analisis kesalahan konsep dalam penyelesaian soal pembagian siswa sekolah dasar. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 39–53. https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i2.100.
Hanik, U., & Liansari, V. (2023). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian dan pembagian kelas III sekolah dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4596–4609. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9159.
Inuhan, M., Dahoklory, A. S., Lekitoo, J. N., Rupilele, K., Kurniati, R., & Sugiarto, S. (2023). Pelatihan media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan software geogebra di kecamatan Pulau Lakor. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 179–183. https://doi.org/10.30598/pakem.3.2.179-183.
Khotimah, H. (2021). Perkembangan literasi matematika di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1, 2830–3059.
Kurniati MA, R., & Lekitoo, J. N. (2023). Penggunaan geogebra dalam pembuatan media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika kepulauan (A. Wahdi, ed.). Nganjuk: CV. Dewa Publishing.
Kurniati, R., Ruslan, R., & Ihsan, H. (2018). Miskonsepsi siswa sekolah menengah pertama (SMP) terhadap bilangan bulat, operasi dan sifat-sifatnya. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i1.1137.
Mtika, P., & Abbott, P. (2025). Literacy and quality of life: a study of adults with poor literacy capabilities in western Rwanda. Compare: A Journal of Comparative and International Education, 55(3), 368–384. https://doi.org/10.1080/03057925.2023.2254222.
Nurmahdiyah, F., & Arliani, E. (2023). Analisis kesalahan siswa SMA kelas X dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis kontekstual pada materi fungsi kuadrat. Jurnal Pedagogi Matematika, 9(2), 97–112.
OECD. (2023). PISA 2022 results (volume I). Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Sairiltiata, S. (2023). Eksistensi sasi perempuan sebagai kearifan lokal adat dan budaya di desa Moning Pulau Wetar kecamatan Wetar Timur kabupaten Maluku Barat Daya. Indonesia Journal of Business Law, 2(2), 47–57. https://doi.org/10.47709/ijbl.v2i2.2317.
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59–66. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.542.
Sugiarto, S., Rupilele, K., Kurniati, R., Lekitoo, J. N., Inuhan, M., & Dahoklory, A. S. K. (2024). Ethnomathematics of small border islands: Lutur Batu on Moa island. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 18(1), 0475–0482. https://doi.org/10.30598/barekengvol18iss1pp0475-0482.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Firdaus. (2021). Kesalahan peserta didik menyelesaikan soal cerita pada materi matriks berdasarkan kriteria watson. INOMATIKA, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.253.
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651.
Utami, P. D., Minarti, E. D., & Bernard, M. (2023). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal pemahaman matematis materi himpunan ditinjau dari teori nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 2065–2074. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20008.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., Hapip, M. L. A., Amalia, N. R. A. S., Krisna, F. N. (2024). Kajian akademik kurikulum merdeka. In Kemendikbud. Jakarta: Kemendikbud.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.843.2019.
Wibowo, R. N. S., & Haerudin, H. (2024). Analisis kesalahan nolting pada siswa dalam mengerjakan soal perbandingan tingkat SMP. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(2), 720–727. https://doi.org/10.46306/lb.v5i2.605.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratnah Kurniati MA, Michael Inuhan, Arche Bonara, Wisye Marina Solmeda, Aditia Samadara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.