PenerapanPenggunaan Metode Inquiry Terbimbing dala Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Fluida Statis Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Ajangale Kabupaten Bone

  • Fadly Fadly
  • Rafiqah Rafiqah
  • Santih Santih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Fluida statis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design. Terdiri dari pre test dan post test. Instrument yang digunakan antara lain lembar observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran inquiry terbimbing kelas XI SMA Negeri 1 Ajangale pada materi fluida dilaksanakan dengan penalaran, menjelaskan, memecahkan masalah dan praktikum. 2) Kegiatan belajar mengajar menggunakan metode inquiry terbimbing yang dipadukan dengan metode pembelajaran langsung dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ajangale dilihat dari meningkatkan hasil dari pre test yaitu rata-rata 31.65% dan meningkat pada post tets yaitu dengan nilai 72.12%. Dengan demikian metode inquiry terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Juha, Mervat Amin. 2010. Thinking Skills Critical Thinking- 2 Chapter. Zaid .IQ

Moch, Nazir. (1988). Metodologi Penelitian.Cetakan 3.Jakarta :Ghalia Indonesia.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Mutmainnah,sitti. 2011.penerapan pembelajaran fisika metode inkuiry terbimbing dalam meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa.uin alauudin makassar.

Nana, Sudjana.(2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Cetakan ketujuh.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ratna Wilis, D. (1996). Teori-Teori Belajar.Jakarta : Penerbit Erlannga.

Sudijono, Anas. 2009 Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sudjiono,anas. 2006.pengantar statistik pendidikan.jakarta : rajawali press.

Sugiyono.2008.Metode Penelitian Pendidikan; Cet. Keenam. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono.2010 .Statistik untuk Pendidikan; Cet. Ke-XVII. Bandung: Alfabeta.

Surya Dharma.2008.Strategi Pembelajaran MIPA.Jakarta: Depdiknas.

Trianto.2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana prenada Media Group.

W. Gulo.2008.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Gramedia

WinaSanjaya.2010.Stratei Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Zamroni & Mahfudz .2009.Panduan Teknis Pembelajaran Yang Mengembang-kan Critical Thinking. Jakarta.Depdiknas.

Published
2017-03-01
How to Cite
Fadly, F., Rafiqah, R., & Santih, S. (2017). PenerapanPenggunaan Metode Inquiry Terbimbing dala Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Fluida Statis Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Ajangale Kabupaten Bone. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 14-17. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4091
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 171 times

Most read articles by the same author(s)