Hubungan Antara Self Control dan Social Interaction Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar

Penulis

  • Jusman Jusman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Hajeriati Hajeriati MTSN 5 Bulukumba
  • Hijria.A Hijria.A

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20837

Kata Kunci:

Self Kontrol, Social Interaction, Perilaku Sosial

Abstrak

Penelitianinibertujuan menggambarkan  dan  menginterpretasikan  hubungan antara Self Kontroldan Social Interactiondengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan  Pendidikan  Fisika.  Penelitiandilaksanakan  di  Fakultas  Tarbiyah  dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.Variabelpenelitianyaitu Self Kontroldan Social  Interaction, dan  Perilaku  Sosial  Mahasiswa.Populasi penelitian  yaituangkatan  2009,  2010,  2011  dan  2012.Tekhnik  pengambilan  sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling.Pengambilan sampel berdasarkan tingkatan diambil secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu angket  dan  dokumentasi  dengan  teknik  analisis  data  statistik  deskriptif dan  statistik  inferensial  untuk  uji  hipotesis.Hasil  penelitian  menunjukkan, analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata Self Kontroladalah 90,95 dan skor rata-rata Social  Interactionadalah  94,12  masing-masing  skor  berada  pada kategori cukup. Serta skor rata-rata Perilaku Sosial Mahasiswa adalah 106,98 yang  berada  pada  kategori  cukup. Analisisinferensial  menunjukkan  nilai Fhitung=1574,65 sedangkan   Ftabelpada  taraf  signifikansi  5%  adalah  3,18. Dengan  demikian,  nilai  Fhitunglebih  besar  dari  pada  nilai  Ftabelmaka  H0ditolak,  artinya  terdapat  Hubungan  yang  signifikan  antara Self  Kontroldan Social  Interactiondengan  Perilaku  Sosial  Mahasiswa  Jurusan  Pendidikan Fiska UIN Alauddin Makassar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bachri Thalib, Syamsul. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Danim Sudarman. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Darusunnah.
Gerungan, W.A. 2010. Psikologi Sosial. Cet. Ketiga. Bandung: Refika Aditama.
Hurlock, E.B. 1973. Adolecent Development, Tokyo: McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd.
Kazdin, A.E. 1994. Behavior Modification: In applied Setting. Monterey, California: Cole Publishing Comp.
Lazarus, R.S. 1976. Paterns of Adjusment, Tokyo: McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd..
Partowisastro, H. Koestoer. Dinamika Psikologi Sosial. Cet.I. Jakarta: Erlangga, 1983.
Philipus, Ng. 2009. Sosiologi dan Politik. Jakarta: Rajawali Pers.
Ridwan. 2008. Belajar Lebih Mudah untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Soekanto, Soerjono. 2005. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo persada,
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Cet I. Jakarta: Kencana.
Subagyo, P. Joko, S.H. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Undang-undang Sisdiknas. 2011. Sistem pendidikan nasional; Jakatra: Sinar Grafika,
Walgito, Bimo. 1995. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-28

Cara Mengutip

Jusman, J., Hajeriati, H., & Hijria.A, H. (2021). Hubungan Antara Self Control dan Social Interaction Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Al-Khazini, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20837

Terbitan

Bagian

Artikel