The Effect of Water Temperature on Surface Tension through Cookbook Practicals

Authors

  • Havita Santana Putri Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Rafli Hakam Saepudin Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Aprilia Dwi Lestari Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Nurullah Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Adam Malik Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i2.58021

Keywords:

Vector, Resultant Force, Angle, Physics Lab, Cookbook Lab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sudut antara dua buah gaya terhadap besarnya resultan vektor gaya dengan pendekatan eksperimen menggunakan metode Praktikum Buku Resep. Praktikum dilakukan dengan variasi sudut antara gaya F1 dan F2 yaitu 30°, 45°, 60°, dan 90° dengan menggunakan peralatan sederhana seperti neraca pegas, katrol, dan busur derajat. Data gaya yang ditunjukkan oleh neraca dicatat untuk berbagai kombinasi gaya dan sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut antara dua vektor gaya, maka resultan gaya yang dihasilkan semakin kecil. Hubungan antara sudut dengan besarnya vektor resultan menunjukkan pola yang semakin menurun seiring dengan bertambahnya sudut. Temuan ini mendukung teori vektor dalam fisika dan menunjukkan keefektifan metode praktikum buku resep dalam pembelajaran konsep vektor gaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. M., & Malik, A. (2025). Peningkatan kemampuan analitis melalui praktikum virtual vektor dengan metode Problem Solving Lab (PSL). Phydagogic: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 7(2), 163–168.

Ahmad, S., Wasim, S., Irfan, S., Gogoi, S., Srivastava, A., & Farheen, Z. (2019). Qualitative v/s. quantitative research—A summarized review. Journal of Evidence Based Medicine and Healthcare, 6(43), 2828–2832. https://doi.org/10.18410/jebmh/2019/587

Andreas, I., & Saragih, M. (2022). Mengkaji mekanika terapan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(2).

Attention. (1995). Checker. http://www.d6.com/users/checker

Burhanuddin, A., Wulan, D. P. I. B. S., Arya, R., & Saputra, B. (n.d.). Laporan praktikum.

Daruwati, I., Junaidi, N. S., Hatika, R. G., Asra, A., & Syahropi, H. (2024). Pendampingan pembelajaran fisika menggunakan alat peraga sederhana di SMA Negeri 3 Rambah Hilir. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 136–140.

E. M. Ramadani, & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning berbantuan Virtual Lab PhET pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA: Literature review.

Fadaei, A. S. (2022). Comparing the effects of cookbook and non-cookbook based lab activities in a calculus-based introductory physics course. International Journal of Physics and Chemistry Education, 13(4), 65–72. https://doi.org/10.51724/ijpce.v13i4.135

Gao, Y., et al. (2022). Decreased resting-state neural signal in the left angular gyrus as a potential neuroimaging biomarker of schizophrenia: An amplitude of low-frequency fluctuation and support vector machine analysis. Frontiers in Psychiatry, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.949512

Published

2025-10-28

How to Cite

Putri, H. S., Saepudin, R. H., Lestari, A. D., Nurullah, M., & Malik, A. (2025). The Effect of Water Temperature on Surface Tension through Cookbook Practicals. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 77–87. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i2.58021

Issue

Section

Artikel