Efektivitas Model Bertukar Pasangan dengan Pendekatan SETS (Sciense, Enviroment, Teknohlogy And Society) Terhadap Hasil Belajar Fisika

Penulis

  • Andi Jusriana
  • Siska Peronika Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20829

Kata Kunci:

Model Bertukar Pasangan, Pendekatan SETS, Hasil Belajar Fiska

Abstrak

Penelitian inibertujuan untuk : 1)Untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran global warming yang diajar dengan model bertukar  pasangan dengan pendekatan SETS pada kelas  VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 2)Untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran global warming yang diajar dengan model konvensional dengan pendekatan SETS pada kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 3)Untuk mengetahui apakah model pembelajaran bertukar pasangan efektif terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran global worming yang diajar dengan model bertukar pasangan dengan pendekatan SETS dengan model konvensionalpada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara. Metode  penelitian yaitu penelitian Quasi Eksperimental Designdengan desain penelitianPosttes Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas, sampel penelitian berjumlah 2 kelas yaitu terdiri dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bertukar pasangan dengan pendekatan SETS efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas  VII SMP Negeri 1 Galesong Utara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Suharsimi.Manajemenpenelitian.Jakarta: RinekaCipta. 2017
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2002.
Al-Qur’anul Karim dan Terjemahan Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Al-hadi Media Kreasi. 2014.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.
Binadja, A.Program Studi Pendidikan IPA, Pemikiran Dalam SETS. Buka tidak diterbitkan .Semarang:Universitas Negeri Semarang. 2002
Binadja, 2001.Pembelajaransainsberwawasan SETS (science, Enviroment, Technology, and Society) untukpendidikandasar. Makalahpelatihan guru sains madrasah ibtidaiyahdantsanawiyah.
Diah Widyatun, “Model Pembelajaran Bertukar Pasangan”, 21 april 2012.http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran- bertukar-pasangan
Dani, A. U., & Hilwa, N. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 118-126.
Damyanti dan Mudjiono. BelajardanPembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta. 2006.
Frank

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-28

Cara Mengutip

Jusriana, A., & Ibrahim, S. P. (2021). Efektivitas Model Bertukar Pasangan dengan Pendekatan SETS (Sciense, Enviroment, Teknohlogy And Society) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Al-Khazini, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20829

Terbitan

Bagian

Artikel