Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Penulis

  • Muhammad Yusuf Hidayat UIN Alauddin Makassar
  • Siti Rikha Hanum Maulida UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.31427

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik sebelum diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), dan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problema based learning (PBL) di SMAN Wongsorejo. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA 3 SMAN 1 Wongsorejo tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi dan tes pemahaman konsep. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran problema based learning (PBL) yaitu 34,59. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) yaitu 76,62.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-24

Cara Mengutip

Hidayat, M. Y. ., & Maulida, S. R. H. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Al-Khazini, 2(1), 25–30. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.31427

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama