Analysis of Understanding Concepts and Obstacles to Understanding Concepts of Thermodynamics in Physics Lessons
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i2.42972Kata Kunci:
Pemahaman Konsep , Kendala Pemahaman Konsep , Termodinamika , Pelajaran FisikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dan dan kendala pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar terhadap materi termodinamika dalam pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian 30 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner dengan berisi tentang pertanyaan konsep-konsep termodinamika. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dikategorikan sedang dalam hal pemahaman konsep materi Termodinamika pada pelajaran fisika dengan hasil persentase sebesar 50 %. (2) Kendala yang paling tinggi dialami siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dalam pemahaman konsep materi termodinamika pelajaran fisika adalah kurangnya sumber daya pendukung seperti buku teks atau materi belajar tambahan yang mengakibatkan termodinamika sulit dimengerti oleh siswa dengan hasil persentase sebesar 80%. (3) Konsep termodinamika yang paling sulit dipahami oleh siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar pada materi termodinamika adalah siswa sulit memahami rangkaian siklus carnot yang ditunjukkan dalam sebuah grafik dengan hasil persentase sebesar 63,3 %.
Unduhan
Referensi
Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis pemahaman konsep fisika peserta didik menggunakan instrumen berbantukan quizizz. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 1-11.
Djarot, F. I., & Wiyono, E. Supurwoko.(2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Termodinamika pada Siswa Kelas XI SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. In Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) (Vol. 6, No. 1, pp. 306-312).
Hidayat, E. H., & Muslimin, M. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA BAGI CALON GURU FISIKA. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 10(1), 39-42.
Sari, D. M., Surantoro, S., & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1).
Sekarani, T. S., Wiyono, K., & Muslim, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Termodinamika Dengan CRI berbantuan CBT Siswa SMA Negeri 21 Palembang. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (1).
Sudarmo, N. A., Lesmono, A. D., & Harijanto, A. (2018). Analisis kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA pada konsep termodinamika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 196-201.
Yaqin, M. K., Harijanto, A., & Prastowo, S. H. B. (2017). Identifikasi Pemamahan Konsep Fisika Terhadap Pokok Bahasan Termodinamika Pada Siswa Sma. FKIP e-PROCEEDING, 2(1), 8-8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jelita Anggriani Pandiangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]