Analysis of Class XII Students' Understanding of Concepts on the Topic of Newton's Laws

Penulis

  • Juwairiyah Hasana Nasution Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.42976

Kata Kunci:

understanding concepts, misconceptions, newton's law, two tier

Abstrak

Salah satu kompetensi inti pelajaran fisika adalah siswa diharapkan memiliki kemampuan memahami konsep fisika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam memecahkan masalah. Terdapat banyak siswa yang setelah belajar fisika, tidak mampu memahami bahkan pada bagian yang paling sederhana sekalipun, banyak konsep yang dipahami secara keliru sehingga fisika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet, dan sulit. Pemahaman konsep merupakan bagian yang paling penting dalam pembelajaran fisika salah satunya pada materi Hukum Newton. Penelitian ini dilakukan pada 21 siswa di salah satu SMA di Kota Medan SMAS GAJAH MADA MEDAN dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika siswa pada topik materi Hukum Newton serta menganalisis permasalahan apa saja yang terjadi pada siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan intrumen 15 soal two tier tentang Hukum Newton.. Berdasarkan penelitian ini siswa mengalami miskonsepsi pada semua sub topik Hukum Newton yang diujikan dengan Siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi Hukum Newton dengan  rata-rata persentase jawaban tidak tepat yaitu 62,6%.

Kata Kunci: pemahaman konsep, miskonsepsi, hukum newton, two tier

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayun Faidah Fatma, Akhmad Jufriadi, Muhammad Nur Hudha, Sholikhan. (2023). Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Hukum Newton. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 5(2), 172-178

Hamidah., Darmadi, Wayan., Darsikin. (2016). Analisis Pemahaman Arti Fisis Konsep Hukum Newton Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(4).

Husain, H., Yunus, M., & Jusriana. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen. Jurnal Chemica, 23, 99–110.

Lona, Y. D., Kamaluddin, K., & Fihrin, F. (2013). Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas XA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1).

Mufit, F., Syamsidar. (2021). Desain Instrumen Four-Tier Multiple Choice Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton Di Kelas X SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Musfiqon, H.M. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakaarta : PT. Prestasi Pustakarya

Nur Ifani Rizkita, Fatni Mufit. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. JEP(Jurnal Eksakta Pendidikan), 6(2), 233-242.

Rambu Ririnsia Harra Hau, Nuri. (2019). Pemahaman Siswa terhadap Konsep Hukum I Newton . VARIABEL, 2(2), 56-61

Zhili, I. N., Jufriadi, A., & Sundaygara, C. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Kekekalan Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team’s Achievment Division Dengan Formative Assessment. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.xxxx

Zulhaini, Halim, A., & Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Nasution, J. H. (2025). Analysis of Class XII Students’ Understanding of Concepts on the Topic of Newton’s Laws. Al-Khazini, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.42976

Terbitan

Bagian

Artikel