Analysis of Class XII Students' Understanding of Concepts on the Topic of Newton's Laws
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.42976Kata Kunci:
understanding concepts, misconceptions, newton's law, two tierAbstrak
Salah satu kompetensi inti pelajaran fisika adalah siswa diharapkan memiliki kemampuan memahami konsep fisika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam memecahkan masalah. Terdapat banyak siswa yang setelah belajar fisika, tidak mampu memahami bahkan pada bagian yang paling sederhana sekalipun, banyak konsep yang dipahami secara keliru sehingga fisika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet, dan sulit. Pemahaman konsep merupakan bagian yang paling penting dalam pembelajaran fisika salah satunya pada materi Hukum Newton. Penelitian ini dilakukan pada 21 siswa di salah satu SMA di Kota Medan SMAS GAJAH MADA MEDAN dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika siswa pada topik materi Hukum Newton serta menganalisis permasalahan apa saja yang terjadi pada siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan intrumen 15 soal two tier tentang Hukum Newton.. Berdasarkan penelitian ini siswa mengalami miskonsepsi pada semua sub topik Hukum Newton yang diujikan dengan Siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi Hukum Newton dengan rata-rata persentase jawaban tidak tepat yaitu 62,6%.
Kata Kunci: pemahaman konsep, miskonsepsi, hukum newton, two tier
Unduhan
Referensi
Ayun Faidah Fatma, Akhmad Jufriadi, Muhammad Nur Hudha, Sholikhan. (2023). Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Hukum Newton. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 5(2), 172-178
Hamidah., Darmadi, Wayan., Darsikin. (2016). Analisis Pemahaman Arti Fisis Konsep Hukum Newton Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(4).
Husain, H., Yunus, M., & Jusriana. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen. Jurnal Chemica, 23, 99–110.
Lona, Y. D., Kamaluddin, K., & Fihrin, F. (2013). Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas XA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1).
Mufit, F., Syamsidar. (2021). Desain Instrumen Four-Tier Multiple Choice Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton Di Kelas X SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Musfiqon, H.M. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakaarta : PT. Prestasi Pustakarya
Nur Ifani Rizkita, Fatni Mufit. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. JEP(Jurnal Eksakta Pendidikan), 6(2), 233-242.
Rambu Ririnsia Harra Hau, Nuri. (2019). Pemahaman Siswa terhadap Konsep Hukum I Newton . VARIABEL, 2(2), 56-61
Zhili, I. N., Jufriadi, A., & Sundaygara, C. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Kekekalan Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team’s Achievment Division Dengan Formative Assessment. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.xxxx
Zulhaini, Halim, A., & Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Juwairiyah Hasana Nasution

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]