Analisis Pemahaman Konsep Dan Kesulitan Peserta Didik Dalam Materi Fisika Kuantum

Penulis

  • Christin Elida Sari Siahaan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.42981

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi Fisika Kuantum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang memiliki responden terdiri dari 30 siswa kelas XII di SMA Negeri 14 Medan. Instrumen penelitian berupa 10 soal tes pemahaman konsep materi fisika kuantum (selalu, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah) dan 10 soal tes kesulitan siswa dalam materi fisika kuantum (selalu, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah) yang  disebarkan langsung melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pemahaman konsep peserta didik terkait materi fisika kuantum dengan kategori rendah  yaitu 14%. Namun beberapa peserta didik masih mengalami kesalahan dalam memahami beberapa konsep fisika kuantum ini, diantaranya peserta didik belum paham tentang superposisi,ketidakpastian heisenberg, contoh atau ilustrasi untuk memahami konsep fisika kuantum,serta konsep pengaplikasian fisika kuantum dalam kehidupan sehari hari dibidang teknologi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-24

Cara Mengutip

Siahaan, C. E. S. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Dan Kesulitan Peserta Didik Dalam Materi Fisika Kuantum. Al-Khazini, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.42981

Terbitan

Bagian

Artikel