Development Of An E-Module Assisted With Canva Oriented Higher Order Thinking Skills (HOTS) Momentum And Impulse Material
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.45940Kata Kunci:
E-Module, Canva, HOTSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbantuan Canva berorientasi HOTS materi momentum dan impuls menjadi e-modul yang valid, praktis dan efektif. Berdasakan hasil validasi oleh 3 pakar e-modul berbasis HOTS materi momentum dan impuls yang dikembangkan berbantuan Canva sangat valid dengan tingkat kevalidan . Berdasarkan penelitian peneliti terhadap respon siswa ketika e-modul telah di implementasikan dari data angket kepraktisan berada pada interval 87.88% sehingga kriteria kepraktisan e-modul, adalah sangat praktis. Dari uji efektivitas e-modul berdasarkan data angket efektivitas berada pada tingkat pencapaian 81,18%, sehingga kualifikasi efektivitas e-modul berdasatkan angket adalah baik atau efektif, dan berdasarkan analisis data ketuntasan siswa persentase ketuntasan siswa adalah 94%, sehingga e-modul dapat dikatakan efektif. Dari hasil analisis keseluruhan data yang peneliti dapatkan sehingga dapat di simpulkan bahwa e-modul berbasis HOTS materi momentum dan impuls yang dikembangkan berbantuan Canva sangat valid, sangat praktis dan efektif.
Unduhan
Referensi
Bashooir, K., Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219-230.
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71-82.
Fitriyani, L., Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran VLOG (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(5), 427-435.
Fitriyanti, A., Yerimadesi. (2023). Efektivitas E-Modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 13 Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 730-735.
Herawati, N.S., Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.
Indriani, U. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Berbagai Kebutuhan Desain. CSRID Journal, 13(3A), 125-135.
Kurniawan, R., Syafriani. (2021) Praktikalitas dan efektifitas Penggunaan E-Modul Fisika SMA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksata Pendidikan, 5(2), 135-141.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Turnip N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80-86.
Muslim, A., Ibrahim F., Muliadi. (2022). Desain dan Uji Coba E-modul Kimia Berbasis Flip PDF Corporate pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah Negeri 1 Halmahera Tengah. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 1-5.
Nissa, I. C. (2022). Edukasi Integrasi HOTS dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 341-349.
Rikizaputra., Dkk. (2021). Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Modul IPA Berbasis Sintifik. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45-56.
Riyadi, S., Qamar, K. (2017). Efektivitas E-modul Analisis Real pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kejuruhan Malang. Supremum Journal of Mathematics Education, 1(1), 31-40.
Sari, I. P. (2018). Implementasi Model ADDIE dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(1), 83-94.
Thahirah., W. A. A., Syafrill. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent Pada Mata Pembelajarn Bimbingan Ti&K Kelas IX SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengamdian Masyarakat, 2(5), 488-496.
Undang-Undang RI. 20-2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS
Utama, N., Zulyusri. (2022). Meta-Analisis Praktikalitas Penggunaan E-modul oleh Guru dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 9(1), 27-33.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Thereziana M. Paden,, Sri Wahyu Widyaningsih, Sri Rosepda Br. Sebayang

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]