Antara Digital atau Cetak: Menakar Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik melalui penerapan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS)

Penulis

  • Muh Syihab Ikbal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Jusriana Universitas Negeri Makassar
  • Nur Inayah Umrah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Uswatun Hasanah Universitas Hasanuddin

Kata Kunci:

Modul pembelajaran fisika, SETS, Literasi sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik melalui penerapan modul digital dan modul cetak berbasis SETS pada kelas X MIPA SMA Negeri 8 Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain the matching only post-test control group design. Populasi penelitian perjumlah 248 orang dari kelas X MIPA SMA Negeri 8 Gowa. Sampel penelitian berjumlah 66 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik two step matching sampling. Sampel dikelompokkan menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada tingkat terampil dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 54,67 dan 51,27. Berdasarkan hasil analisis perbedaan, dapat ditunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) > 0,05, yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi sains yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan modul digital dan modul cetak berbasis SETS pada kelas X SMA Negeri 8 Gowa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azzahra, A., Sunaryo, & Budi, E. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, And Society) Menggunakan Program Lectora Inspire pada Materi Sumber Energi Terbarukan Kelas XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2022, X(1), 73–80. https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.

Cahyani, D. K., Nugroho, A. S., Nizaruddin, & Hayat, M. S. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. PENDIPA Journal of Science Education, 8(3), 593–600. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.593-600.

Fatmawati, Rahmawati, Hakim, A., & Idrus, S. W. Al. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Chemistry Education Practice, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3269.

Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321–334. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080.

Fitra, Z., & Habibullah. (2022). Analisis Kesiapan Diri Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(02), 81–86.

Fitriani, S. N. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis SETS untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal, I(2), 32–44.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Goni, F. P. K., & Panggabean, D. D. (2023). Kelayakan Dan Kepraktisan E-Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur Dan Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology, and Society) Pada Materi Fluida Dinamis Di Kelas Xi Sma. INPAFI: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 11(3), 11–23.

Handayani, M., Rusilowati, A., & Sarwi, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Sains Pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. UPEJ: Unnes Physics Education Journal, 9(1), 79–88.

Harahap, S. H. (2020). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 82–88.

Hayati, I. A., Rosana, D., & Sukardiyono, S. (2019). Pengembangan Modul Potensi Lokal Berbasis SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 248–257. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.27519

Ikbal, M. S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 40–54. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1127

Ikbal, M. S., Khuzaimah, A. U., & Rafiqah. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Pop-up Book. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 53–60. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Khabibah, E. A. N., Rusilowati, A., & Supriyadi. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Literasi Sains untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs Bertema Gejala Alam. UPEJ: Unnes Physics Education Journal, 8(2), 141–151.

Mehta, J. (2014). Sample Matching Technique: An Approach To Select Better Sample Data. International Journal of Scientific & Technology Research, 3(7), 274–276.

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889

Noviani, Y., Hartono, & Rusilowati, A. (2017). Analisis Pola Pikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Literasi Sains Info Artikel. JISE: Journal of Innovative Science Education, 6(2), 147–154.

Novitasari, A., & Dian Tiara, A. (2022). Pengembangan E-Modul SETS Berbasis Flipbook Maker Alternatif Pembelajaran Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Bioshell: Jurnal Pendidikan Biologi, Biologi, Dan Pendidikan IPA, 11(1), 11–18. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO%0APengembangan

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. In OECD Publishing: Vol. I. OECD Publishing. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results-volume-iii-acd78851-en.htm

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2018). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-for-development-assessment-and-analytical-framework_9789264305274-en.html

Putri, S. R., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Implementasi Landasan Ilmu Pendidikan Dalam Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Sets (Science Environments Technology Society ) Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 57–64.

Rahma, S. Z., Mulyani, S., & Masyikuri, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam di SMAI Surabaya pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan, 2(1), 57–62. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p70-76

Rahmawati, L. I., Kurniawan, E. S., & Sriyono, S. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Peserta Didik. JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1(2), 47–55.

Rosmayuni, A. A. A. P., Suma, K., & Suja, I. W. (2024). E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Isu-Isu Sosial Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Literasi Sosial Peserta Didik Kelas VIII. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 204–215. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81607

Sari, M., Sopiah, & Khermarinah. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbaris SETS (Science, Environment, Technology, and Science) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. Biochepy: Journal of Science Education, 4(1), 134–142.

Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi Sains dan Penguasaan Konsep Siswa setelah Pembelajaran Sistem Ekskresi Menggunakan Pedoman Praktikum Berbasis Literasi Sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Educaton, 4(1), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/aijbe. v4i1.34824

Sutrisna, N. (2023). Pengaruh Buku Siswa Berbasis Inkuiri dan Literasi Sains Terhadap Literasi Sains Siswa SMP di Kota Sungai Penuh. VOMEK: Jurnal Vokasi Mekanika, 5(3), 301–306.

Taufiq, R., Sarwanto, & Sukarmin. (2022). Penyusunan Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa Kelas XI SMA. JMPF: Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 12(2), 83–88. https://doi.org/10.20961/jmpf.v12i2.63881

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Berdasarkan Indikator dan Level Literasi Sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 12(1), 137–154.

Wahab, M. N. N. D., Wasis, & Yuliani. (2024). The Effectiveness of Scientific Literacy Based Learning Device to Improve Junior High School Students Scientific Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9), 6405–6414.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-25

Cara Mengutip

Ikbal, M. S., A. Jusriana, Nur Inayah Umrah, & Andi Uswatun Hasanah. (2025). Antara Digital atau Cetak: Menakar Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik melalui penerapan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Al-Khazini, 5(2). Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alkhazini/article/view/59666