Desain RPP PBL untuk Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI SMA/MA

Penulis

  • Juniar Afrida - UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Zahriah Zahriah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Rahmati Rahmati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Kata Kunci:

RPP, Problem Based Learning, Elastisitas, Hukum Hooke, Pengembangan 4D

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi elastisitas dan Hukum Hooke untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. RPP dirancang dengan mengintegrasikan lima sintaks PBL ke dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Instrumen validasi terdiri atas lembar penilaian yang diisi oleh lima ahli materi dan tiga ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP memperoleh skor rata-rata 88,3% dari validator materi dan 91,75% dari validator media, yang dikategorikan “sangat layak”. Temuan ini menunjukkan bahwa RPP yang didesain memiliki kualitas tinggi dan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran fisika yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pemecahan masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrida, J., Nengsih, S., & Saifiyaturramah. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran di SMP. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.30566

Afrida, J., Nisa, A. W., & Alaidin, S. F. (2023). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA / MA. Desultanah:Journal Education and Social Science, 1(2), 28–45.

Afrida, J., Ramadhan, M. D. S., & Alaidin, S. F. (2023). Elevating Insights: Progressive E-Booklet Development In Temperature And Heat. Edu Fisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 369–377. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29630

Ananda, N., & Albina, M. (2025). Langkah-Langkah Efektif Dalam Penyusunan Rpp Dan Modul Ajar Untuk Pembelajaran Yang Berkualitas. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 3(1), 1–17.

Anwar, K. (2018). Peran sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agaman Islam, 1(1), 41–56.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69.

Dwimayanti, K., Dantes, N., & Suarni, K. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Tema Kegiatankukelas I Berbasis Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 23–32.

Febriana, F., Rahayu, G. A., Utama, H. B., & Setiawatid, M. (2025). Implementasi Kurikulum 2013 : Pengaruhnya Terhadap Manajemen Dan Kualitas Pembelajaran. JPSTT: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan, 02(02), 121–125.

Harahap, N., Afrida, J., & Aida, N. (2023). Desain Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tata Surya di SMP / MTs. Desultanah:Journal Education and Social Science, 1(1), 14–28.

Hatimah, H., Wahyudi, Verawati, N. N. S. P., & Gunawan. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 741–746.

Nisa, A. W., Afrida, J., Aida, N., Almi, R., Meiyanti, R., & Andika, F. (2023). Pengembangan Media Menggunakan Software Lectora Inspire Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Statis. CEUDAH: Journal Education and Social Science, 2(1), 27–37.

Nisa, B., Afrida, J., & Idris, J. (2024). Pengembangan Media E-Book Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.41626

Ramadhani, D. D. S., & Sukenti, D. (2023). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Journal of Education Action Research, 7(3), 327–335.

Reski, R., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP / MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 701–717.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach), Pembelajaran Tematik Terpadu, Kurikulum 2013 versi 2016. JTIEE: Journal of Teaching in Elementary Education, 1(1), 59–77.

Setiawan, A., & Ahla, S. S. F. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Al-Ghazali: Jurnal Pendidikan & Pemikiran Islam, 2(2), 93–114.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271.

Susdarwati, Sarwanto, & Cari. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Pada Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas X Sman 2 Mejayan. JURNAL INKUIRI, 5(3), 1–11.

Tohir, M., & Wardani, A. W. (2016). Analisis Kemampuan Calon Guru Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 431–446.

Wahyudi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis. Journal of Education Action Research, 5(1), 57–66.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

-, J. A., Zahriah, Z., & Rahmati, R. (2025). Desain RPP PBL untuk Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI SMA/MA. Al-Khazini, 5(2), 98–106. Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alkhazini/article/view/60671

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama