Perbandingan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video di Kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar.

Penulis

  • Yusman Yusman UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Qaddafi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Minat belajar, Pakem, Fun Eksperimen, Video, Perbandingan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video pada kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Post-test-only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar yang belajar mata pelajaran IPA, terdiri dari lima kelas dengan total 191 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen 1 (PAKEM Berbasis Fun Eksperimen) dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen 2 (PAKEM Berbasis Video). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes minat belajar.

Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen adalah 52,35, sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran PAKEM Berbasis Video adalah 53,26. Mengingat hasil uji hipotesis uji t 2 sampel, didapatkan nilai sig. 0,018 dengan t-hitung sebesar 0,478 dan t-tabel 2,02. Karena sig. (0,018) < 0,05 dan t-hitung (0,478) < t-tabel (2,02), maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video di kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fraenkel, J. R. W. N. E. H. H. H. (2020). How to Design and Evaluate Research in Education. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Kurniawan, E. S., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2021). Fun Science Project: Pendampingan Rancang Bangun Roket Air untuk Peserta Didik Tingkat SMA di Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok. Community Empowerment, 6(2), 230–237. https://doi.org/10.31603/ce.4407

Muhtar, T., Supriyadi, T., & Lengkana, A. S. (2020). Character development-based physical education learning model in primary school. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 337–354. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080605

Ningsih, I. I. S., Darma, Y., & Ardiawan, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Dengan Menggunakan Bantuan Games Miskin Pada Materi Plsv Kelas X Sma Negeri 2 Meliau. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains (JPIS), 42–53.

Rafiqah, Suhardiman, F. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MODIFIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL MODIFICATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. 1(1), 19–38. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20832

Safril Tiangka, Muhammad Qaddafi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gamerincing Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 36–40. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a6

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2), 1–16. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

Yusman, Y., Qaddafi, M., & Ali, A. (2025). Perbandingan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Fun Eksperimen dan Berbasis Video di Kelas IX MTs Madani Alauddin Pao - Pao Makassar . Al-Khazini, 5(2). Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alkhazini/article/view/60894

Terbitan

Bagian

Artikel