THE EFFECT OF THE USE OF LEARNING MEDIA BASED ON PRESENTATION MEDIA ON INTEREST AND MATHEMATICAL LEARNING OUTCOMES

Sri Sulasteri, Muhammad Rusydi Rasyid, Muhammad Akhyar

Abstract


Abstract:

This study aims to determine the effect of the use of learning media based on presentation media on learning interest and mathematics learning outcomes of students of class X MIA SMAN 1 Soppeng. The design of this study is nonequivalent control group design of a quasi-experimental. The statistical technique used is descriptive statistics and hypothesis is tested by using independent sample test and Mann Whitney sample test. Hypothesis test of learning interest uses Mann Whitney sample test, It shows that there is a difference in the average value of the increase of the mathematics learning scores which is significant between the control class and the experimental class. Testing the hypothesis of learning outcomes using the Independent sample test shows that there is a difference in the increase of students’ mathematics learning outcomes that is significant between the control class and the experimental class. Therefore, the use of learning media based on presentation media has an effect on learning outcomes and interest in learning mathematics in class X MIA SMAN 1 Soppeng.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis media presentasi terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA SMAN 1 Soppeng. Desain penelitian yaitu quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Data minat belajar siswa dan hasil belajar didapatkan dari kuesioner dan tes. Teknik statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu pembuatan tabel distribusi frekuensi, menentukan interval kelas, rata-rata, presentase nilai rat-rata, standar deviasi dan kategorisasi minat dan hasil belajar serta statistik inferensial yaitu uji normalitas, homogenistas, hipotesis (Independent sample t test dan Mann Whitney Sample U Test). Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sample t test dan Mann Whitney Sample U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 8,88%. Hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 32,58%. Pengujian hipotesis minat belajar menggunakan uji Mann Whitney Sample U Test, menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai peningkatan skor minat belajar matematika siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis media presentasi berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa kelas X MIA SMAN 1 Soppeng. Pengujian hipotesis hasil belajar menggunakan uji Independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis media presentasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA SMAN 1 Soppeng.


Keywords


Presentation Media; Mathematics Learning Interests; Mathematics Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (17th ed.). Jakarta: Rajawali Press.

Asnawir, & Basyiruddin, U. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsyad, F., Afiif, A., & Abrar, A. I. P. (2016). Studi komparasi penggunaan ice breaking dan brain gym terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 184–197. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3237/pdf

Irawan, D. (2013). Keefektifan media slide presentasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Tegal Sari Kabupaten Pemalang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/17844/1/1401409308.pdf

Juwita, G. R. (2012). Pengaruh penggunaan microsoft powerpoint terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi segitiga dan segiempat: studi eksperimen terhadap peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2011/2012. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Retrieved from http://repository.syekhnurjati.ac.id/1045/

Khairani, M. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Lestari, R. (2011). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui program microsoft power point untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa: PTK di SMP Negeri 2 Jatirogo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/11608/1/Halmuk.pdf

Musfiqon, & Widodo, A. (2015). Desain presentasi pembalajaran inovatif. Jakarta: Prestasi.

Purwanto, N. (2007). Psikologi pendidikan (7th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 17–30. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2718/2976

Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Z.A, N., Suherman, & Utama, N. P. (2013). Penggunaan macromedia flash 8 pada pembelajaran geometri dimensi tiga. In Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (pp. 375–381). Retrieved from http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/download/905/724




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

   BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats