PENERAPAN STRATEGI HEURISTIK VEE DENGAN MEDIA GAMES ROTANKUS TERHADAP HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI SISWA

Fatimah Fatimah, Febryanti Febryanti, Yako Yako

Abstract


ROTANKUS singkatan dari Roda Putar dan Kartu Undian Soal, merupakan salah media yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Heuristik Vee dengan media games ROTANKUS terhadap hasil belajar Trigonometri siswa.  Desain  Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan populasi sebanyak 359 orang kelas X SMA Negeri 1 Polewali yang sampelnya adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 35 sebagai kelas kontrol dan siswa  kelas X IPS 3 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar aktifitas siswa dan lembar obsevasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik Inferensial. Hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 52,92, setelah diberi perlakuan penerapan strategi heuristik vee dengan media games rotankus diperoleh nilai rata-rata pos-tes 78,67, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 49,86 dan pos-test adalah 67,43. Hasil Inferensial untuk uji Normalitas kedua kelompok data yaitu berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan hasil uji Hipotesis diperoleh nilai sig 0,000  0,05 sehingga  ditolak dan  diterima yang berarti bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi heuristik vee dengan media games ROTANKUS  dan tanpa menggunakan strategi heuristik vee dengan media games ROTANKUS,sehingga dapat disimpulkan bahwa  penerapan strategi heuristik vee dengan media games ROTANKUS berpengaruh terhadap hasil belajar Trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali.

Keywords


Pengaruh, Strategi Heuristik Vee, Media Games, Rotankus, Hasil Belajar

References


Nadeak, L. A. Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Siswa Tipe Kepribadian Introvert Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Di Kelas VIII SMP. Universitas Jambi.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. 2017. Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).

Khairunnisa, wardah. (2017). “Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA Angkas Adisutjiptu.skripsi. Yogyakarta....mau cari referensi lain

Faizah, Ngaidatum. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Menggunakan Poster dan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika. Skiprsi. Semarang.

Qurniawati, A., & Saputro, A. N. C. (2013). Efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dengan media kartu pintar dan kartu soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas x semester genap SMA Negeri 8 surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 166-174.

Sari, Titin Indah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Favilitator And Explaining Berbantuan Kartu Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Ulujami. Jurnal δ E L T ∆, Vol.2 No.2, Juli 2014, hlm 7-17

Qurniawati, A., Sugiharto, Saputro, A.N.C. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dengan Media Kartu Pintar Dan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap Sma Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 3 Tahun 2013 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret

Tambunan, H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Strategi Heuristik. Sepren, 1(02), 28-33.

Pramita, D., & Rusmayadi, M. 2018. Pengaruh Strategi Heuristik Pada Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 157-161.

Suhyanto, O., & Musyrifah, E. 2016. Pengaruh Strategi Heuristik Vee Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.40-57




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v9i1.19709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Crossref Cited-by logo