APLIKASI FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) METODE SUGENO DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI BARANG BERDASARKAN DATA PERSEDIAAN DAN JUMLAH PERMINTAAN

Marlisa Lisa, Ermawati Erma, Wahidah Alwi

Abstract


Sistem Inferensi Fuzzy (Fuzzy Inference System atau FIS) merupakan suatu kerangka komputasi dalam penarikan kesimpulan yang didasarkan pada teori himpunan fuzzy, aturan berbentuk IF – THEN dan penalaran fuzzy.Salah satu metode yang digunakan dalam fuzzy inference system (FIS) adalah metode Sugeno yang memiliki karakteristik yaitu konsekuen tidak merupakan himpunan fuzzy, namun merupakan suatu konstanta atau persamaan linear.Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk memperkirakan jumlah produksi trupave berdasarkan data persediaan dan jumlah permintaan dengan mengaplikasikan Fuzzy Inference System (FIS) metode Sugeno pada PT. Super Beton Persada.Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan dalam menunjang kemampuan komputasi.
Berdasarkan data jumlah permintaan dan persediaan trupave pada perusahaan PT. SBP pada 1 periode tertentu diperoleh perkiraan jumlah produksi truepave 8 cm yang akan diproduksi selanjutnya berdasarkan data permintaan saat itu yaitu sebanyak 4400 buah dan data persediaan saat itu yaitu sebanyak 1258619 adalah sebesar 2000 buah. Pengembangan sistem pendukung keputusan (SPK) dengan FIS metode sugeno dalam menentukan jumlah produksi berdasarkan data permintaan dan jumlah persediaan menggunakan tiga komponen, yaitu database, model base dan software system..


Keywords


Fuzzy Inference System (FIS), Metode Sugeno, SPK

Full Text:

PDF

References


Faizal Noor, Henry. Ekonomi Manajerial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.

Fuad, M. dkk. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Kumorotomo, Wahyudi, dkk.,Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi-organisasi Publik, h. 264-265.

Kusumadewi, Sri dkk. Neuro-Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syarat Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan Edisi Kedua.Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

M. Hanafi, Mamduh. Manajemen.Yogyakarta: UPP Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, 1997.

Monita, Dita. Jurnal: Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai dengan menggunakan Metode analytical Hieracy Process (Jurnal Vol. 3 No. 2 ISSN: 2301-9425, 2013). http://pelitainformatika.com/berkas/jurnal/326.pdf.

Octaviani, Mulinda. Jurnal: Tinjauan atas Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang pada Direktorat Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia(PERSERO).http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2474/Maulinda%20Octaviani%20-%200309U018%20 %20 Jurn al.pdf?seque nce=2.

Rofiq, Muhammad. Jurnal: Perancangan Manajemen Bandwidth Internet Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno (Jurnal Vol. 7 No. 1, 2013). http://lp3m.asia.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/Naskah-JurnalJITIKAVol7No1_STMIK_ASIA.pdf.

Setiadji.Himpunan dan Logika Samar serta AplikasinyaEdisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Susilo, Frans. Himpunan dan Logika Kabur serta Aplikasinya Edisi Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Widiyono, dkk.Pengantar Bisnis: Respon Terhadap Dinamika Global. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v5i2.4504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Crossref Cited-by logo