ANALISIS REGRESI LOGISTIK BINER UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN PENGUNJUNG PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MAJENE

Wahidah Alwi, Ermawati Ermawati, Saddam Husain

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kepuasan pengunjung pada rumah sakit umum daerah Majene. penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh tingkat kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Majene terhadap tingkat  kepuasan pasien, dan untuk mengetahui dimensi layanan yang paling mempengaruhi tingkat  kepuasan pasien. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan menggunakan kuesioner sedangkan metode penentuan sampel yang digunakan yaitu menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 100 sampel. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner maka diperoleh model terbaik regresi logsistik biner  Π(xi) =

Berdasarkan persamaan regresi logistik biner di atas dapat dilihat bahwa dimensi layanan yang berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan pasien adalah variabel tangibles atau bikti fisik (X1) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,367 atau 36,7% dan variabel empathy atau empati (X5) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,403 atau 40,3%. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa dimensi layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Majene adalah dimensi layanan empathy atau empati (X5) sebesar 0,403 atau 40,3%.


Keywords


Regresi Logistik Biner, Kepuasan Pasien, Dimensi Layanan

References


Aisyah Nur. Regresi Logistik dan Penerapannya dalam bidang kesehatan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Yogyakarta. 2010.

Albana Madjid. Aplikasi Regresi Logistik Ordinal untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan di Stasiun Jakarta kota. Skripsi Universitas Pakuan. Jakarta, 2009.

Atmawati Ruskita, Wahyuddin. Analisis Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada matahari departemant store di solo grand mall. Jurnal pascasarjana Universitas Muhammadiya. Surakarta, 2003.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Semarang: PT. Karya Tuha Putra, 2005.

Edward Gagah P.T. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan. Jurnal penelitian 12 No. 1. Jakarta, 2011.

Garson, G.D. Logistik Regression. Dipublikasikan di http:/www2.chass.ncsu.edu/garson/PA765/logistic.htm (11 Juli 2012), 2008

Halidah. Pemodelan Regresi logistik dalam penentuan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyakit jantung koroner. Jurnal sains dan matematika 19 No. 3 (2011): h. 91-95.

Hajar Ibnu al-Asqalani. Fathul Baari. Bukhari no. 6018, Muslim no. 47. Yogyakarta: Pustaka Azzam. 2009.

Handayani Rachmat. Penerapan Metode Regresi logistik dalam menganalisis adopsi teknologi pertanian. Jurnal Penelitian pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian. Semarang, 2014.

Jacoeb AM, Purwaningsih S, Rinto. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada RSUD Bangil Kab. Pasuruan. Jurnal Ketsa Bisnis 01 No 1 ( Agustus 2014).

Katsir Ibnu, Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 1. Bandung : PT Sinar Baru Agresrido. 2002.

Kurniawan, Deny. Regresi Linier (Linear Regression): Forum Statistika, 2008.

Kusmana. Model regresi logistik biner stratifikasi pada partisipasi ekonomi perempuan di provinsi Jawa Timur. Jurnal sains dan seni pomits 3 No. 1 (Edisi 2014).

Luknis Sabri, Sutanto H.S. Statstik Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2006.

Lupioadi, Rambat, Hamdani. A. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Selemba Empat. 2006.

Moenir, H.A.S. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006.

Rinduwan, Sunarto. Pengantar Statistik untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Alfabeta:Bandung, 2009. Hal 68

Utomo Setyo. Model Regresi Logistik untuk menunjukkan pengaruh pendapatan per Kapita, Tingakat Pendidikan, dan status pekerjaan terhadap status gizi masyarakat. Skripsi Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2014.

Widhiarso, W. Berkenalan dengan Metode-Metode Analisis Regresi Melalui SPSS. Universitas Gajah Mada: Yogyakarta, 2010.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v6i1.4783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Crossref Cited-by logo