ANALISIS PERSAINGAN INDUSTRI TELEVISI BERBAYAR MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV (STUDI KASUS: PT. INDONUSA TELEMEDIA (TRANSVISION) VERSUS TELEVISI BERBAYAR LAINNYA DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2017)

Ermawati Baco, Adnan Sauddin, Nurjannah Bakri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peluang peralihan pelanggan TV berbayar. Persaingan industri TV berbayar di Kota Makassar yang tinggi, mengakibatkan berpindahnya pelanggan dari TV Berbayar yang ke yang lainnya, sehingga pemilik industri TV berbayar perlu untuk menyusun strategi sehingga jumlah pelinggannya semakin meningkat. Dalam menyusun strategi khususnya setiap industri merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan perusahaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peluang peralihan TV berbayar dimasa mendatang dan prediksi pangsa pasar TV berbayar berdasarkan alasan peralihan pelanggann periode mendatang menggunakan metode rantai Markov. Hasil penelitian menyatakan bahwa Besar peluang peralihan TV berbayar dimasa mendatang yaitu TV berbayar Indovision yang banyak diminati pelanggan peluang peralihannya lebih besar daripada TV berbayar lainnya yaitu 1,76%, sedangkan TV berbayar Transvision 0,92 dan BigTV 0,30%, sedangkan OrangeTV peluang peralihannya 0% dan prediksi pangsa pasar TV berbayar berdasarkan alasan peralihan pelanggann periode mendatang dimana pangsa pasar TV berbayar Indovision dengan persentase sebesar 33,32%, kemudian Transvision sebesar 28,25%, BigTV sebesar 21,94% dan terakhir OrangeTV sebesar 16,37%..

Keywords


rantai markov, TV berbayar, peluang peralihan

References


Al-Mubarafuri, Syaikh Shafiyyurrahman. Tafsir Ismail Ibnu Katsir Jilid 9. Bogor: Pustaka Ismail Ibnu Katsir, 2006.

Angraini, Devi. “Analisis Pangsa Pasar Minuman Teh Dalam Kemasan Dengan Metode Rantai Markov”. Skripsi. Bogor: Fakultas Matematika dan IPA IP Bogor, 2014.

Bird, John. Matematika Dasar : Teori dan Aplikasi Praktis Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga, 2004.

Giri, Darmawan, dkk. “Kajian Persaingan di Dalam Pasar Industrial Menggunakan Rantai Markov”. TMI 2. no. 2 (1 April 2002). http://elibrary.unisba.ac.id/files2/Darmawan89.pdf (Diakses 27 Oktober 2016).

Harini, Sri. Teori Peluang. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Herrhyanto, Nar. Teori Peluang Diskrit. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Hiller, Frederick S dan Gerald J. Lieberman. Introduction to Operations Research. Cet. II; Yogyakarta: Andi, 2008.

P, Siagian. Penelitian Operasional : Teori dan Praktek. Jakarta: UI-Press, 1987.

Republik Indonesia, Departemen Agama. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: CV Penerbit J-ART, 2004.

Rosyidi, Cucuk Nur, dkk. “Analisis Loyalitas Merek Pada Produk Sepeda Motor Menggunakan Markov Chains”. INASEA 13, no. 1 (April 2012). http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Journal/Inasea/ 06_Cucuk.pdf. (Diakses 12 Januari 2017)

S, Irma, “Penerapan Analisis Rantai Markov Untuk Memprediksikan Status Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Barru”. Skripsi. Makassar: Fakultas Matematika dan IPA UNM Makassar, 2014.

Siswanto. Opration Research. Cet. II; Yogyakarta: Erlangga, 2007.

Tamudia, Djini, dkk. “Analisis Rantai Markov Untuk Memprediksikan Perpindahan Merek Shampoo Di Hypermart Swalayan Manado Town Square”. JdC 3. no. 1 (Maret 2014). http://ejournal.unsrat. ac.id/index/php/view/3997. (Diakses 26 Januari 2017)

Tiro, Muhammad Arif. Dasar-Dasar Statistika: Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher, 2008.

Tiro, Muhammad Arif, dkk. Pengantar Teori Peluang. Makassar: Andira Publisher, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v7i1.8165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.