PRODUKTIVITAS PADI DI PROVINSI SULAWESI SELATAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS)

Nila Lestari, Try Azisah Nurman, Khalilah Nurfadilah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang produktivitas padi berdasarkan pengelompokan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Variabel produktivitas padi yang telah dikumpulkan akan memberikan informasi menggunakan metode Multidi mensional Scaling (MDS)  dalam bentuk peta spasial. Analisis MDS adalah suatu teknik variabel  ganda yang dapat digunakan untuk menentukan posisi suatu objek  relatif terhadap objek lain  berdasarkan penilaian kemi ripannya. Kedekatan objek ditentukan dari nilai stimulus coordinat serta kevalidan hasil dilihat dari nilai stress. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 6 kelompok Kabupaten/Kota tersebut memiliki kemiripan produk tivitas padi berdasarkan variabel yang digunakan. Kelom pok I adalah Kepulauan Selayar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Jeneponto,  Kabupaten Takalar, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Barru, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Toraja Utara, Kota Parepare, dan Kota Palopo. Kelompok ini memiliki tingkat produktivitas padi yang sedang. Kelompok II adalah Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Luwu. Kelompok ini memiliki tingkat produktivitas padi yang sedang. Kelompok III adalah Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap, dan Kabupaten Pinrang. Kelompok ini memiliki tingkat produktivitas padi yang sedang. Kelompok IV adalah Kabupaten Gowa dengan tingkat  produktivitas padi sedang. Kelompok V adalah Kabupaten Bone dengan tingkat  produktivitas padi sedang. Kelompok VI adalah Kota Makassar dengan tingkat  produktivitas padi rendah. Nilai stress yang dihasilkan adalah sebesar 0,01172. Variabel  yang mendukung produktivitas padi di provinsi Sulawesi Selatan adalah  luas panen (X1), puso padi (X2), produksi padi (X4), Jumlah penduduk (X7) dan jumlah rumah tangga (X8).


Keywords


Produktivitas padi, Multidimensional scaling, Stimulus coordinates

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. 2016. Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka 2016. Makassar: BPS.

Rencher, Alvin C. and William F. Christensen. 2012. “Methods Of Multivariate Analysis Third Edition”. Canada: JohnWiley & Sons.

Timm, Neil H. 2002. Applied Multivariate Analysis. New York : Springer.

Tiro, Muhammad Arif, Sukarna dan Aswi. 2010. Statistika Deskriptif Peubah Banyak. Makassar: Andira Publisher.

Santosa, Purbayu Budi dan Muliawan Hamdani. 2007. Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.

Sastraatmadja, Entang. 1991. Ekonomi Pertanian Indonesia: Masalah, Gagasan, dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Supranto, J. 2010. Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasi Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwandari, Titi dan Yuyun Hidayat. 2015. Identifikasi Negara-Negara yang Memiliki Kemiripan dengan Indonesia Dalam Konteks Krisis Beras Menggunakan Multidimensional Scaling, Laporan Hasil Penelitian. Bandung: Universitas Padjadjaran.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v7i1.9953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.