APLIKASI STRATEGI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN LOGARITMA DI KELAS X MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIA) 5 SMA NEGERI 2 PALOPO

  • Andi Ika Prasasti Abrar Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mitha Utami Amalia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam aplikasi strategi kognitif pada materi logaritma, untuk mengetahui respon siswa terhadap aplikasi strategi kognitif, dan untuk mengetahui  strategi kognitif dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami materi pembelajaran logaritma pada kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 5 SMA Negeri 2 Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika kompetensi pengetahuan siswa pada siklus I adalah 2,6142 dari skor ideal 4 dengan predikat B- sedangkan skor rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 3,0697 dari skor ideal 4 dengan predikat B+. Skor rata-rata hasil belajar kompetensi sikap spiritual pada siklus I adalah 2,91 dengan predikat Baik (B) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,42 dengan predikat Sangat Baik (SB). Skor rata-rata hasil belajar kompetensi sikap sosial pada siklus I adalah 2,77 dengan predikat Baik (B) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,09 dengan predikat Baik (B). Sementara itu rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 43 dan pada siklus II meningkat menjadi 46. Selain itu, hasil observasi aktivitas guru dan respon siswa terhadap pengaplikasian strategi kognitif dalam belajar matematika juga mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran logaritma di kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 5 SMA Negeri 2 Palopo mengalami peningkatan melalui pengaplikasian strategi kognitif dalam belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Penelitian tindakan kelas. Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama. (2012). Al Qur’an dan terjemahannya. Bandung: Al-Mizan Publishing House.

Djamarah, B. S., dan Zain A. (2010). Strategi belajar mengajar. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Buku guru matematika. Ed. Revisi; Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kuswana, S. W. (2012). Taksonomi kognitif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sabri, A. (2005). Strategi belajar mengajar dan micro teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik: Konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Giyato. (2013). “Implementasi kurikulum 2013,” Kabar Makassar Online. 28 September 2013. http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2013/12/28/247638 (19 Februari 2014).

Ilham. (2014). Penerapan strategi elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA MTS Al-Jihad Buangin Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Palopo: STAIN Palopo.

Wilantika. (2014). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan peta konsep terhadap siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Walenrang. Skripsi. Palopo: STAIN Palopo.

Published
2017-06-21
Section
Articles
Abstract viewed = 657 times