Development of Website Based Learning Media for Mathematical Modeling in The LPG Context to Support Mathematical Literacy Skills of Junior High School Students

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24252/mapan.2025v13n2a5

Keywords:

Media Development, Website Based, Mathematical Modeling, LPG Context, Mathematical Literacy Skills

Abstract

This study aims to develop website-based media for mathematical modeling with the Liquefied Petroleum Gas (LPG) context to support mathematical literacy skills. The method used is design research type development studies through Tessmer's formative evaluation flow, including self-evaluation, expert review, one-to-one, and small group. The product was evaluated in terms of validity and practicality. The expert validation results showed the media was very valid with a score of 4.38 in the media aspect and 4.25 in the material aspect. The practicality test at the small group stage obtained a score of 75.79 (practical category). The characteristics of the resulting media include: (1) valid media reviewed from the aspects of material, modeling, literacy, and display; (2) media that is practical to use in learning; (3) relevant and contextual media through the use of LPG as a real-world connection; (4) media that supports mathematical literacy skills through mathematical modeling structures; and (5) ease of navigation, automatic feedback, and communicative visual displays. Thus, the developed website-based media is proven to be valid, practical, and relevant to support students' mathematical literacy skills in small groups. In the pre-test stage, one student (16.7%) was classified in the medium category, while five students (83.3%) were in the low category. After the application of web-based mathematical modeling media, all six students (100%) achieved scores in the medium category.

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis web untuk pemodelan matematika dengan konteks Gas Minyak Bumi Cair (LPG) untuk mendukung keterampilan literasi matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian desain tipe pengembangan melalui alur evaluasi formatif Tessmer, termasuk evaluasi diri, tinjauan ahli, satu lawan satu, dan kelompok kecil. Produk dievaluasi dari segi validitas dan kepraktisan. Hasil validasi ahli menunjukkan media tersebut sangat valid dengan skor 4,38 pada aspek media dan 4,25 pada aspek materi. Uji kepraktisan pada tahap kelompok kecil memperoleh skor 75,79 (kategori praktis). Karakteristik media yang dihasilkan mencakup: (1) media yang valid ditinjau dari aspek materi, pemodelan, literasi, dan tampilan; (2) media yang praktis digunakan dalam pembelajaran; (3) media yang relevan dan kontekstual melalui penggunaan LPG sebagai keterkaitan dunia nyata; (4) media yang mendukung kemampuan literasi matematika melalui struktur pemodelan matematika; dan (5) kemudahan navigasi, umpan balik otomatis, serta tampilan visual yang komunikatif. Dengan demikian, media berbasis website yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan relevan untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa pada kelompok kecil yaitu Pada tahap pra-uji, satu siswa (16,7%) diklasifikasikan dalam kategori sedang, sedangkan lima siswa (83,3%) berada dalam kategori rendah. Setelah penerapan media pemodelan matematika berbasis web, keenam siswa (100%) mencapai skor dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J. V. D., Gravemeijer, K., Mckenney, S., & Nieveen, N. (2006). About educational design research. In Routledge is an imprint of the Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781315105642-3.

Aminah, R., & Amidi. (2024). Kajian teori : pengembangan modul ajar pemodelan matematika bernuansa etnomatematika terintegrasi challenge based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (Vol. 7, pp. 189-197). https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2955.

Andita, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis blog dengan konteks sarung pada materi garis dan sudut SMP kelas VII. [Undergraduate Thesis]. UIN Raden Fatah.

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).

Arifin, S., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2010). Pengembangan blog support pembelajaran matematika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 70-85.

Armanda, F., Sari, R. F., & Garba, M. D. (2023). Optimization of liquid petroleum gas ( LPG ) cylinder distribution route with the saving matrix method. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 99–110. https://doi.org/10.25217/numerical.v7i1.3452.

Azmi, S., Sripatmi, S., Junaidi, J., & Wahidaturrahmi, W. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 384–399. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7267.

Darmawijoyo, & Hartono, Y. (2023). Pembelajaran pemodelan matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Demir, O. O., & Guzel, E. B. (2024). The effect of mathematical modeling-based instruction on seventh graders’ mathematical literacy and academic performance. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 6(3), 215-232.

Fajri, H. M., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2022). Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3646–3661. https://doi.org/10.33902/jpsp.202432575.

Fajri, H. M., Marini, A., & Suyono. (2025). A bibliometric study on mathematical modelling in elementary schools in the Scopus database between 1990-2024. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(2), 1-12. https://doi.org/10.29333/ejmste/15916.

Fasa, I. A., & Purwanti, K. L. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis website mata pelajaran matematika untuk siswa madrasah ibtidaiyah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(01), 15–24. https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p15-24.

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan buku ajar evaluasi pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297.

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi matematika dalam menyambut pisa 2021 berdasarkan kecakapan abad 21. Jkpm: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 57–64. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177.

Hasanah, N., Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2024). Funethnomath: development of virtual reality tour web learning media with an ethnomathematics. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 12(2), 274–293. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n2a5.

Hiltrimartin, C., Aisyah, N., Hartono, Y., Mulyono, B., Sukmaningthias, N., & Simarmata, R. H. (2022). Pendampingan penyusunan asesmen pembelajaran pemodelan matematika bagi guru matematika maitreyawira untuk mengukur kemampuan pemodelan peserta didik. Journal of Sriwijaya Community Services on Education (JSCSE), 1(1), 38–47.

Howard, A., & Rorres, C. (2014). Elementary linear algebra : applications version. New Jersey: Wiley Puls.

Jamil, A. F., Cahyono, H., & Ayu, M. S. (2021). Pengembangan handout matematika bercirikan kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 48–62. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3260.

Kaur, B., & Dindyal, J. (2010). Mathematical applications and modelling. Singapore: World Scientific.

Kemendikbudristek. (2022). Capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. In Kemendikbudristek (Issue 021).

Kurniati, R. M., Inuhan, M., & Bonara, A. (2025). Analysis of students’ errors in solving ethnomathematics-based mathematical literacy problem in moa island. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 13(1), 140–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2025v13n1a8.

Lesmana, E., Hertini, E., & Daradeyana, S. (2021). Prediksi penjualan dan pengendalian persediaan tabung gas LPG 3 kg menggunakan metode dekomposisi dan model persediaan ?? (studi kasus : pangkalan gas lpg karanggan). In Search, 20(01), 1–12.

Manullang, M. E., Elfani, E., & Fauzi, K. M. A. (2025). Analysis of student errors in solving SPLDV problems reviewed from critical thinking skills based on newman’s criteria. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 13(1), 121–139. https://doi.org/10.24252/mapan.2025v13n1a7.

Matondang, Z. (2022). Evaluasi pembelajaran. In Remaja Rosdakarya. Program Pascasarjana Unimed.

Meilani, H. (2025). Mewujudkan penyaluran LPG bersubsidi 3 kilogram yang tepat sasaran. Komisi XII Energi Dan Sumber Daya Mineral Lingkungan Hidup, Investasi, XVII(3), 1–5. https://berkas.dpr.go.id/pusaka.

Muhammad, D. M., Purba, H. S., & Sari, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear kelas X dengan metode drill and practice. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 40-54. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8775.

Ningrum, E. R., Sanwidi, A., Akbarita, R., Qomaruddin, H., & Blitar, N. U. (2023). Optimasi rute pendistribusian gas elpiji menggunakan algoritma floyd warshall dan algoritma greedy. Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan, 20(1), 1-14. https://doi.org/10.22487/2540766X.2023.v20.i1.15568.

Niss, M., & Blum, W. (2020). The learning and teaching of mathematical modelling. Milton Park: Routledge Taylor & Francis Group.

Noto, M. S., Karimah, N. I., Pramuditya, S. A., & Anggraeni, Y. (2020). Digital 3d book and ausubel theory: increasing the mathematical understanding in a linear system with two variable. Elementary Education Online, 19(4), 1864–1874. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.729785.

Nugroho, M. A., Hilalunnaja, S. W., Wuryastuti, M. L., & Ardiansyah, A. S. (2024). Pengembangan e-lkpd berbasis website bernuansa etnomatematika lentog tanjung guna meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VII dalam mendukung SDGs 2030. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 7, pp. 615-623).

Nurhayati, M., & Darmawijoyo, D. (2023). Pengembangan bahan ajar pemodelan matematika dan efek potensialnya terhadap persepsi matematika siswa sma: studi kasus. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2765–2781. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2432.

OECD. (2023a). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework PISA. France: OECD Publishing.

OECD. (2023b). PISA 2022 Results. In OECD (pp. 1–9). France: OECD Publishing.

Paradesa, R., Ilma, R., & Putri, I. (2025). Systematic literature review : does realistic mathematics education approach enhance mathematical literacy? Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 575–588. https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i2.18151.

Prasasti, N. Y., & Sumardi. (2022). Kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita tipe hots materi statistika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3052–3061. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5552.

Riduan, L., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2024). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(4), 1434-1445. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i4.2367.

Riyanto, B. (2022). Kepraktisan soal pemodelan matematika menggunakan konteks biaya parkir. Jurnal Santiaji Pendidikan, 12(1), 53-65. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3833.

Riyanto, B. (2024). Pendesainan soal pemodelan matematika untuk mempromosikan kemampuan problem posing siswa. Linear: Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.8828.

Saputri, N. W., & Turidho, A. (2020). Desain soal pisa konten uncertainty and data konteks penyebaran covid-19. Edu-mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8564.

Secgin, M. G., Baskurt, I., & Guner, P. (2024). Mathematical literacy of primary school students in the context of mathematical modeling. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 6(3), 149-175. https://doi.org/10.33902/jpsp.202430538.

Suciati, Munadi, S., Sugiman, & Febriyanti, W. D. R. (2020). Design and validation of mathematical literacy instruments for assessment for learning in Indonesia. European Journal of Educational Research, 9(2), 865–875. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.865.

Tessmer, M. (1993a). Planning and conducting formative avaluations. London: Kogan Page.

Tessmer, M. (1993b). Planning and conducting formative evaluations improving the quality of education and training (Pertama). London: Kogan Page.

Vikaliana, F. S. R. (2024). Analisis perencanaan produksi LPG menggunakan pendekatan forecasting. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 12(1), 90–95. https://doi.org/10.37905/euler.v12i1.25317.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, S. P., Rizki, L. M., & Hidayat, A. (2024). Analisis literasi matematis siswa berdasarkan multiple intelligences dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 124–130. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1477.

Downloads

Published

2025-12-26

How to Cite

Andita, S., Darmawijoyo, & Somakim. (2025). Development of Website Based Learning Media for Mathematical Modeling in The LPG Context to Support Mathematical Literacy Skills of Junior High School Students. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 13(2), 309–338. https://doi.org/10.24252/mapan.2025v13n2a5

Issue

Section

Vol. 13 No. 2

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.