Mind Mapping Based Learning Model in Science Learning

Authors

  • Tazha Eka Fitria Pendidikan Fisikan Universitas Adzkia
  • Dea Rahmadani Universitas Adzkia
  • Zaturrahmi Zaturrahmi Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.44943

Keywords:

Mind Mapping, Literature Review, Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan mind mapping  dalam pembelajaran yang mencakup: (1) permasalahan yang menyebabkan pemanfaatan mind mapping dalam pembelajaran, (2) Variabel yang dipengaruhi oleh pemanfaatan mind mapping dalam pembelajaran, Metode penelitian ini adalah literatur riview dengan sampel sebanyak 10 artikel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang sejenis terkait dengan mind m apping dan kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan utama yang paling banyak menyebabkan pemanfaatan mind mapping dalam pembelajaran adalah metode yang digunkan kurang baik  terhadap materi yang dipelajari. Selanjutnya mengenai variabel yang banyak terpengaruh dengan pemanfaatan mind mapping adalah hasil dan prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-04-30

How to Cite

Eka Fitria, T., Rahmadani, D., & Zaturrahmi, Z. (2025). Mind Mapping Based Learning Model in Science Learning. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.44943

Issue

Section

Artikel