Mind Mapping Based Learning Model in Science Learning

Penulis

  • Tazha Eka Fitria Pendidikan Fisikan Universitas Adzkia
  • Dea Rahmadani Universitas Adzkia
  • Zaturrahmi Zaturrahmi Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.44943

Kata Kunci:

Mind Mapping, Literature Review, Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan mind mapping  dalam pembelajaran yang mencakup: (1) permasalahan yang menyebabkan pemanfaatan mind mapping dalam pembelajaran, (2) Variabel yang dipengaruhi oleh pemanfaatan mind mapping dalam pembelajaran, Metode penelitian ini adalah literatur riview dengan sampel sebanyak 10 artikel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang sejenis terkait dengan mind m apping dan kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan utama yang paling banyak menyebabkan pemanfaatan mind mapping dalam pembelajaran adalah metode yang digunkan kurang baik  terhadap materi yang dipelajari. Selanjutnya mengenai variabel yang banyak terpengaruh dengan pemanfaatan mind mapping adalah hasil dan prestasi belajar siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Eka Fitria, T., Rahmadani, D., & Zaturrahmi, Z. (2025). Mind Mapping Based Learning Model in Science Learning. Al-Khazini, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.44943

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama