Pendekatan Pakematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Peserta Didik Kelas IX.5 SMPN 1 Tarowang

Penulis

  • Suhardiman Suhardiman UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
  • Armita Cahyani
  • Ummu Kalsum
  • Roni Ririn
  • Andi Firta Nurwafiq Azizah
  • Belinda Dwi Utami

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.30370

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PAKEMATIK) dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX.5 mata pelajaran IPA Terpadu dengan materi kemagnetan di SMP Negeri 1 Tarowang Kab. Jeneponto dengan pendekatan PAKEMATIK. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.5 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan lima kali tatap muka setiap siklus. Adapun alur penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan PAKEMATIK, dengan hasil pada setiap siklus yaitu dari 52% menjadi 86% pada siklus I dan siklus II.  Implikasi penelitian ini adalah guru dapat mengimplementasikan pendekatan PAKEMATIK sebagai alternatif pembelajaran di kelas agar tidak monoton dan lebih bervariasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Suhardiman Suhardiman, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Pendidikan Fisika

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-26

Cara Mengutip

Suhardiman, S., Armita Cahyani, Ummu Kalsum, Roni Ririn, Andi Firta Nurwafiq Azizah, & Belinda Dwi Utami. (2022). Pendekatan Pakematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Peserta Didik Kelas IX.5 SMPN 1 Tarowang. Al-Khazini, 2(1), 38–49. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.30370

Terbitan

Bagian

Artikel