Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Termodinamika Melalui Model SQ3R (Survey, Question,Read, Recite, Review)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketermpilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal termodinamika setelah diterapkan pembelajaran dengan model SQ3R (survey, question,read, recite, review) yang dipadu dengan literasi membaca. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 1 Maros berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda sebayak 15 nomor yang terdiri dari indikator kemapuam berpikir kritis : memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut, membuat strategi dan teknik konsep yang meliputi aspek kemampuan menganalisis dan mengevaluasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata-rata kemampuam keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran termodinamika diperoleh 79,80 berada pada kategori tinggi, dengan rincian sebagi berikut : (1) Persentase peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis kategori sangat tinggi adalah sebesar 19,35%, kategori tinggi 80,65%, kategori sedang 0%, kategori rendah 0% kategori sangat rendah 0%; (2) Persentase kemampuan peserta didik dalam menjawab soal indikator kemampuan meberikan penjelasan sederhana 95%, keterampilan dasar 100%, menyimpulkan 72%, membuat penjelasan lebih lanjut 73% dan kemapuan membuat strategi dan konsep 45%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]