Pengembangan E-Modul Ajar Fisika Bermuatan CHATGPT Pada Materi Gerak Lurus

Penulis

  • Moh Fajrin Universitas Tadulako
  • Marungkil Pasaribu Universitas Tadulako
  • Ielda Paramita Universitas Tadulako
  • Rudi Santoso Universitas Tadulako

Kata Kunci:

E-modul ajar Fisika, ChatGPT, Gerak lurus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul ajar, kelayakan dan respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul ajar bermuatan ChatGPT sebagai bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap yakni (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Produk yang dihasilkan berupa e-modul ajar interaktif yang mengintegrasikan ChatGPT dalam pembelajaran pada materi gerak lurus. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,85 (kategori "sangat baik"), validasi ahli media dengan skor rata-rata 3,50 (kategori "sangat baik") dan validasi praktisi (guru) menunjukkan skor rata-rata 3,29 (kategori “sangat baik”). Implementasi terbatas dilakukan kepada 29 peserta didik XI MIPA dengan hasil rata-rata 3,31 (kategori "sangat setuju"). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa e-modul ajar bermuatan ChatGPT layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual, efektif, dan interaktif dalam menghubungkan konsep fisika dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abror, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Digital Flipbook Empowerment as A Development Means for History Learning Media. 8(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24122

Anggraini, R., Medan, U. N., Amdani, K., & Medan, U. N. (n.d.). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION.

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Rajawali Pers.

Hendrawan, Y. T., Pangestu, I. A., Dwi, M. A., Deny, R., Putra, A., Ozbar, A. D., & Wahyu, A. (2024). PEMANFAATAN CHATGPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN. 8(2), 28–33.

Hermila, A., Bouty, A. A., Jenderal, J. L., No, S., Limboto, K., Gorontalo, K., Bau, R. T. R. L., Studi, P., Informasi, S., & Gorontalo, U. N. (2024). PENGGUNAAN CHATGPT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ADAPTIF UNTUK MENANGGAPI KEBUTUHAN INDIVIDU SISWA. 5. https://doi.org/10.38038/vocatech.v5i2.170

Kurniawan, D., & Lestari, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis ADDIE dalam pembelajaran digital. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2(23), 135–144.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education.

Latifah, N., Ashari, & Setyadi Kurniawan, E. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(1), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.

Rika Widianita, D. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sugiyono, & Prasetyo, T. (2020). Metode Penelitian Pengembangan: Research and Development (R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriyono, A., & Prihandono, T. (2024). Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka : Tinjauan Literatur Sistematis The Impact and Challenges of Utilizing ChatGPT in Learning within the Kurikulum : A Systematic Literature Review. 9, 9–12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5214

Wulandari, Riwayati, S., & Masri. (2023). E-Modul Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(3), 211–218.

Yuliati, L., & Diantoro, M. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Fluida Statis. 2(1)(Prosiding Seminar Pendidikan IPA), 191–195.

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

Fajrin, M., Pasaribu, M., Paramita, I., & Santoso, R. (2025). Pengembangan E-Modul Ajar Fisika Bermuatan CHATGPT Pada Materi Gerak Lurus. Al-Khazini, 5(2). Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alkhazini/article/view/60163

Terbitan

Bagian

Artikel