PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MAJA LABO DAHU DI SDN NO.2 SUMI KABUPATEN BIMA

  • Mulyati SDN NO.2 Sumi Kabupaten Bima
    (ID)
  • Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Bahan Ajar PAI, Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) berbasis kearifan lokal maja labo dahu di SDN No. 2 Sumi Kabupaten Bima dan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan serta keefektifan pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) berbasis kearifan lokal maja labo dahu di SDN No. 2 Sumi Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan dan Melvyn. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar validasi ahli, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SDN No. 2 Sumi Kab. Bima memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 4,14. Untuk uji keefektifan modul diperoleh nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar dengan persentase sebesar 82,18%, dan sebanyak 14 peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 87,5% dan untuk hasil dari angket respon peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentae 92,33%. Dengan demikian, dilihat dari analisis tes hasil belajar dan angket respon peserta didik maka modul ini efektif.

References

Abdullah, Ridwan Sani dkk. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Gafar, A. Hidayat dan Tati Haryati. (2020) “Implementasi Pembinaan Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Bima”, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 4. No.3. https://scholar.google.co.id/citations?user=GAle46gAAAAJ&hl=id (diakses 15 April 2021).
Ikhsan, Fuad. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta.
M. Ali, Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurhayati, “Konsep Pendidikan Islam Dalam QS. Lukman 12-19” ,Jurnal Aqidah-Ta. vol. III No. 1. (Juli 2017), http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/aqidah-ta/article/view/3281/3108 (Diakses 24 April 2021).
Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Makassar: Alauddin University Press.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Laksana.
Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar.
Published
2023-01-31
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 176 times