PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DENGAN MEDIA SBTPM (SNOWBALL THROWING DAN PLASTISIN MOLD) PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL

  • Jasmaniar MAN Insan Cendekia Gorontalo
    (ID)
Keywords: Hasil belajar, plastisin mold

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah memperkenalkan upaya pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan penulis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XI IPS melalui media Plastisin Mold pada materi pendapatan nasional. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelasyang mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 86 pada siklus pertama dan 87 pada siklus kedua. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan kedua media dapat meningkatkan hasil belajar karena telah melampaui nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran sebesar 71. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa penerapan proses pembelajaran dengan media plastisin mold dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS pada materi Pendapatan Nasional.

References

Saeed1 & David Zyngier., 2012, How Motivation Influences Student Engagement: A Qualitative Case Study, Sitwat 1 Faculty of Education Monash University, Melbourne Australia Correspondence: David Zyngier, Faculty of Education, Monash University, PO Box 527 Frankston 3199, Australia. Tel: 61-399-044-320. E-mail: david.zyngier@monash.edu (diunduh 2 Agustus 2018).
Jasmaniar, 2014, Pengaruh Motivasi Kerja, komitmen Organisasi, dan OCB terhadap Kinerja Pegawai di Biro Umum dan Humas Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Disertasi, Universitas Negeri Jakarta.
Kesuma, Amelia. T., 2013, Menyusun PTK itu Gampang, Erlangga, Jakarta.
Khairani, Makmun., 2017, Psikologi Belajar, Aswaja Presindo, Yogyakarta.
Malthis, Robin L. dan Jhon H. Jackson. 2012, Human Resources Management, Salemba Empat, Jakarta.
Nugroho, 2016, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi kelas XI IPS melalui Penerapan Metode Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri I Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Smith, J. David., 2015, Sekolah untuk Semua, Nuansa Cendekia, Bandung. Sukmadinata, Nana Syaodih., 2009, Metode Penelitian Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Cetakan Kelima, Bandung.
Usman, Husaini. 2014, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta. Volume 1, No. 2, March 2018 ISSN 2597-713X (print) ISSN 2597-7148 (online)
Yani, Ahmad., Ruhimat. Mamat., 2018, Teori dan Implementasi Saintifik Kurikulum 2013, Refika Aditama, Bandung. (http://digilib.unila.ac.id/10355/15/BAB%20II.pdf). diunduh
Published
2023-01-31
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 43 times