ANALISIS PERILAKU WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK-OBYEK WISATA DI KABUPATEN GOWA

Authors

  • Asdi Asdi Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24252/minds.v4i1.3154

Keywords:

Karakteristik Wisatawan, Perilaku Wisatawan, Memilih Obyek Wisata

Abstract

Keragaman obyek wisata di Kabupaten Gowa memerlukan suatu strategi pemasaran yang disesuaikan dengan karakteristik perilaku dan motivasi wisatawan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada- tidaknya  perbedaan  yang  significant  perilaku  wisatawan  dalam  memilih obyek-obyek wisata di Kabupaten Gowa. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Gowa, dengan menjaring  sebanyak 200 wisatawan sampel sebagai responden, pada enam lokasi obyek wisata. Untuk menentukan wisatawan sampel menggunakan teknik    cluster sampling, quota sampling dan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan dan analisis data menggunakan teknik analisis Kai–Kuadrat (X2). Hasil olah dan analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan   yang significant perilaku wisatawan dalam memilih obyek-obyek wisata di Kabupaten Gowa berdasarkan karakteristik wisatawan dengan indikator ; suku/asal daerah, kedudukan dan peran keluarga usia / tahap siklus hidup, dan indicator  pengetahuan / proses belajar

Author Biography

Asdi Asdi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Prodi Manajemen

References

J. Stanton William Y Lamarton ; 1985, Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Kother, Philip ; 1995, Manajemen Pemasaran, Prenhalindo, Jakarta
Kotler, Philip & Armstrong; 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Kusmayadi, dan Sugiarto, Endar, 2000, Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu; 2002, Prilaku Konsumen, PT. Refika Aditama, Bandung
Marpaung, Happy, 2002, Pengetahuan Kepariwisataan, Alfabeta, Bandung.
Muljadi, 2009, Kepariwisataan dan Perjalanan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soewantoro, Gamal ; 2001, Dasar-Dasar Pariwisata, Andi, Yogyakarta
Sudijono, Anas ; 1989, Pengantar Statistik Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta
Pitana, I Gede, dan Surya Diarta, I Ketut, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Andi,Yogyakarta.
Wahab, Salah; 1997, Pemasaran Pariwisata, PT. Praduya Paramita, Jakarta

Published

2017-05-05

How to Cite

Asdi, A. (2017). ANALISIS PERILAKU WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK-OBYEK WISATA DI KABUPATEN GOWA. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 4(1), 73–83. https://doi.org/10.24252/minds.v4i1.3154

Issue

Section

Volume 4, Nomor 1, 2017