STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN ICE BREAKING DAN BRAIN GYM TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MAKASSAR

Fatwal Harsyad, Ahmad Afiif, Andi Ika Prasasti Abrar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan minat belajar matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar yang diajar menggunakan Ice Breaking dan Brain Gym dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian comparison group post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar yang berjumlah 356 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor minat belajar dari kelas Eksperimen I yang diajar menggunakan Ice Breaking adalah 77,13 dan rata-rata skor minat belajar dari kelas Eksperimen II yang diajar menggunakan Brain Gym adalah 77,43. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai sig. sebesar 0,904 yang lebih besar dari pada  sebesar 0,05 (0,904 > 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Ice Breaking dengan yang diajar menggunakan Brain Gym pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Implikasi pada penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan Ice Breaking maupun Brain Gym sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika karena sama-sama dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Suasana belajar menyenangkan tersebut dapat membuat minat belajar peserta didik meningkat.


Keywords


Minat Belajar; Ice Breaking; Brain Gym

References


Andre, Y. (2012). Efektivitas penggunaan metode brain gym terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kalibeji Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Aritonang, K. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10).

Chatib, M. (2014). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semuaanak juara. Bandung: Mizan.

Dennison, P. E., & Gail, E. D. (2009). Brain Gym Children’s Edition Revised: Senam Otak Buku Panduan Lengkap. Jakarta: Grasindo.

Dunlap, D. (2013). Games and icebreakers for the ESL classroom. English LanguangeFellow Mauritania.

Fanani, A. (2010). Ice breaking dalam proses belajar mengajar. Jurnal Pendidikan, 6(11).

Handayani, F. (2010). Optimalisasi penggunaan metode brain gym dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa MTS Muh Waru kelas VIII. Skripsi, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Unismuh, Surakarta.

Haryanto, B. K. (2011). Peningkatan minat belajar matematika siswa melalui penerapan brain gym dan pendekatan kooperatif student team achievement division. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karluki, P. N. & Holly D. K. (2014). The effect of brain gym activities and traditional teaching strategies on student’s performance in comprehension in a 4th grade classroom. Mid-South Educational Research Association.

Lucy, Bunda. (2016). Panduan praktis tes minat & bakat anak. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mahmud. (2012). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sunarto. (2012). Ice breaker dalam pembelajaran aktif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Susanah, R. & Alarifin, D. H. (2014). Penerapan permainan penyegar (ice breaking) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).

Utami, T. (2014). Penggunaan media lagu (nyanyian) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Wasti, S. (2013). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran tata busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Journal Home Economic and Tourism, 2(1).

Yang, L. (2016). Interpersonal relationships and the development of studentinterest in science. Electronic Journal of Science Education South western University, 20(1).




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

     BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait   

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)

Office Address:

Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 63 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats