The The Project-Based Learning Model in Teaching Physics
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.44935Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan PBL dalam pembelajaran yang mencakup: (1) permasalahan yang menyebabkan pemanfaatan laboratorium virtual dalam pembelajaran, (2) Variabel yang dipengaruhi oleh pemanfaatan laboratorium virtual dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah literature review dengan sampel sebanyak 10 artikel. Hasil penelitian literature review ini menunjukkan bahwa permasalahan utama yang paling banyak menyebabkan pemanfaatan PBL dalam pembelajaran adalah Metode pembelajaran yang klasikal atau kurang tepat. Selanjutnya mengenai variabel yang banyak terpengaruh dengan pemanfaatan laboratorium virtual adalah hasil dan kreativitas belajar siswa
Downloads
References
Mulyadi, Eko (2015). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 4.
[2] Kristanti, Yulia Dyah dkk (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2.
[3] Novianto, Nur Kholis dkk (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/ MA. Jurnal Inkuiri Issn: 2252-7893, Vol. 7, No. 1.
[4] Wahyudi (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis. Jurnal of Education Action Research, Vol. 5, No. 1.
[5] Aini, Qurrotul dkk (2018).Hasil Belajar, Minat Dan Kreativitas Siswa Sma Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 7 No. 1.
[6] Umamah, Chairatul dkk (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Fisika Terapan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol. 5, No. 1.
[7] Dimas Permadi (2018). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Project Based Learning (PJBL) pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), Vol. 2, No.2.
[8] Purwanto,Andik dkk (2021). Penerapan Project Based Learning Model untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 4 No. 1.
[9] Rukmi, Ima Puspita dkk(2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Vol. 3; No. 1.
[10] Umar, Santria (2023). Manajemen Pembelajaran Partisipatif Berbasis Project-Based Learning pada Materi Fisika Hukum Pascal. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 4 No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rara, Dea Rahmadani , Zaturrahmi Zaturrahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]