Zoom-Based Learning Model in Physics Learning
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i2.45027Keywords:
Zoom , Literature Riview , LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pembelajaran berbasis Zoom yang mencakup : (1) permasalahan yang menyebabkan pembelajaran berbasis Zoom dalam pembelajaran, (2) Variabel yang dipengaruhi oleh pemanfaatan pembelajaran berbasis Zoom dalam Pembelajaran. Metode penelitian ini adalah literatur riview dengan sampel sebanyak 10 artikel. Pengumpulan dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang sejenis terkait dengan pembelajaran berbasis Zoom dan kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian Literature riviw ini menunjukkan bahwa permasalahan utama yang paling banyak menyebabkan pembelajaran berbasis Zoom dalam pembelajaran adalah Pandemi Covid-19. selanjutnya mengenai variabel yang banyak terpengaruh dengan pembelajaran berbasis Zoom adalah hasil belajar siswa.
Downloads
References
Zannah, Putri Zakiyatul, dkk. "Penggunaan media pembelajaran zooming presentation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada konsep suhu dan kalor". EDUSAINS. Volume VI Nomor 02 Tahun 2014, Hal 212-216.
Natasya, Dinda Aura, dkk. "Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Pada Pelajaran Fisika Kelas Xi Mipa". Physics and Science Education Journal (PSEJ) Volume 1 Nomor 3, Desember 2021.
Liu, An Nisaaa Al Mu'min, dkk. "Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores". Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol. 6, No 1. Maret 2020, pp. 34-38.
Melida, Dini, dkk. " Pengaruh Media Prezi The Zooming Presentations Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Sma N 12 Padang". Pillar Of Physics Education, Vol. 4. November 2014, 113-120.
Langi, Jeffrey Payung, dkk. " Pengaruh Pembelajaran Fisika Secara Online Berbasis Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa". Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 1 Januari 2021.
Haqien, Danin, dkk. " Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19". Sap (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020.
Aprilia, Risda, dkk. "Pengaruh Pemanfaatan Media Phet Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Webinar Zoom Terhadap Peningkatan High Order Thinking Skills (Hots) Siswa Fisika Sma". Prosiding Seminar Nasional Fisika E- Journal) Snf2020, Volume Ix, Desember 2020.
Samung, Margareta, dkk. "Pengaruh Pbl Berbasis E-Learning Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar". Jurnal Terapan Sains & Teknologi, Vol. 3, No. 4, 2021.
Setiawan, Bramianto, dkk. (2020) "Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa". Jurnal Pendidikan Dasar.
Lantowa, Hadija D, dkk. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Zoom Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar". Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, Volume 8, Nomor 1, Mei 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frans Agus Dinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]