Model Pembelajaran Berbasis Zoom pada Pembelajaran Fisika

Penulis

  • Frans Agus Dinata Pendidikan Fisika Universitas Adzkia
  • Tazha Eka Fitria Universitas Adzkia
  • Zaturrahmi Zaturrahmi Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i2.45027

Kata Kunci:

Zoom, Literature Riview, Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pembelajaran berbasis Zoom yang mencakup : (1) permasalahan yang menyebabkan pembelajaran berbasis Zoom dalam pembelajaran, (2) Variabel yang dipengaruhi oleh pemanfaatan pembelajaran berbasis Zoom dalam Pembelajaran. Metode penelitian ini adalah literatur riview dengan sampel sebanyak 10 artikel. Pengumpulan dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang sejenis terkait dengan pembelajaran berbasis Zoom dan kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian Literature riviw ini menunjukkan bahwa permasalahan utama yang paling banyak menyebabkan pembelajaran berbasis Zoom dalam pembelajaran adalah Pandemi Covid-19. selanjutnya mengenai variabel yang banyak terpengaruh dengan pembelajaran berbasis Zoom adalah hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Zannah, Putri Zakiyatul, dkk. "Penggunaan media pembelajaran zooming presentation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada konsep suhu dan kalor". EDUSAINS. Volume VI Nomor 02 Tahun 2014, Hal 212-216.

Natasya, Dinda Aura, dkk. "Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Pada Pelajaran Fisika Kelas Xi Mipa". Physics and Science Education Journal (PSEJ) Volume 1 Nomor 3, Desember 2021.

Liu, An Nisaaa Al Mu'min, dkk. "Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores". Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol. 6, No 1. Maret 2020, pp. 34-38.

Melida, Dini, dkk. " Pengaruh Media Prezi The Zooming Presentations Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Sma N 12 Padang". Pillar Of Physics Education, Vol. 4. November 2014, 113-120.

Langi, Jeffrey Payung, dkk. " Pengaruh Pembelajaran Fisika Secara Online Berbasis Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa". Jurnal Syntax Admiration Vol. 2 No. 1 Januari 2021.

Haqien, Danin, dkk. " Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19". Sap (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020.

Aprilia, Risda, dkk. "Pengaruh Pemanfaatan Media Phet Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Webinar Zoom Terhadap Peningkatan High Order Thinking Skills (Hots) Siswa Fisika Sma". Prosiding Seminar Nasional Fisika E- Journal) Snf2020, Volume Ix, Desember 2020.

Samung, Margareta, dkk. "Pengaruh Pbl Berbasis E-Learning Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar". Jurnal Terapan Sains & Teknologi, Vol. 3, No. 4, 2021.

Setiawan, Bramianto, dkk. (2020) "Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa". Jurnal Pendidikan Dasar.

Lantowa, Hadija D, dkk. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Zoom Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar". Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, Volume 8, Nomor 1, Mei 2022

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Agus Dinata, F., Eka Fitria, T. ., & Zaturrahmi, Z. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Zoom pada Pembelajaran Fisika. Al-Khazini, 4(2), 94–100. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i2.45027

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama