MANAJEMEN PENGELOLAAN ISLAMIC FULL DAY SCHOOL DI SDIT AS-SALAM KOTA JAYAPURA

  • M. Dahlan Sain
  • Azhar Arsyad
  • Misyakat Malik Ibrahim
  • Marjuni Marjuni

Abstract

Pengelolaan Islamic full day school di SDIT As-Salam Kota Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, dan yuridis normatif sedangkan pendekatan dari segi metode yaitu fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru-guru, pada SDIT As-Salam Kota Jayapura sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen atau daftar pertanyaan, wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan pola deskriptif berupa sumber data dan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Islamic full day school di SDIT As-Salam Kota Jayapura meliputi tiga pilar pembangunan pendidikan, yaitu: (1) pembentukan karakter, (2) peningkatan mutu yang berdaya saing, dan (3) peningkatan efisiensi dan efektifitas pengelolaan pendidikan. Peran guru dalam proses pembelajaran, pertama, menggunakan pendekatan, strategi, metode, dan teknik-teknik dalam mengarahkan, memotivasi, dan membimbing peserta didik untuk berpartisipasi, aktif, dan kreatif belajar bersama, kedua, menyampaikan pengetahuan keagamaan yang fungsional, ketiga, untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial sesuai dengan ajaran Islam, keempat, melatih siswa untuk selalu mengamalkan ajaran Islam, menjalankan ibadah dan berbuat baik, SDIT yang senantiasa mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan melalui proses pembelajaran, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

References

Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Hawi, H. Akwal. “Sistem Full Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzudin Palembang” dalam Jurnal Istinbath, no. 16 .2015.

Nasution, S. Azas-Azas Kurikulum.Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nasution, S. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Alumni, 1988.

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Fakultas

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2010.

Saleh, Muwafik. Membangun Karakter dengan Hati Nurani, Jakarta: Erlangga, 2012.

Samsul, Nizar. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.

Published
2020-03-01
How to Cite
Sain, M. D., Arsyad, A., Ibrahim, M. M., & Marjuni, M. (2020). MANAJEMEN PENGELOLAAN ISLAMIC FULL DAY SCHOOL DI SDIT AS-SALAM KOTA JAYAPURA. Jurnal Diskursus Islam, 7(3), 466-479. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i3.12531
Section
Artikel
Abstract viewed = 283 times