IKHLAS DAN SABAR SEORANG PENDIDIK MENURUT K.H. M. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM
Keywords:
Ikhlas; Sabar; Pendidik; K.H. Hasyim Asy’ariAbstract
Pendidik adalah seseorang yang mengajar dan mendidik generasi penerus bangsa. Pendidik memiliki peranan yang penting bagi agama, nusa, dan bangsa yakni di tangan seorang pendidik lah generasi berikutnya dapat berkembang dan berkontribusi bagi bangsanya. Oleh karena itu K.H. Hasyim Asy’ari yang merupakan ulama’ serta pejuang kemerdakaan indonesia merangkai sebuah kitab “Adabul Alim Wal Muta’alim” yang berisikan tentang etika seorang guru. Menurut beliau sangat penting bagi seorang guru memiliki kode etik tersendiri baik ketika mengajar maupun ketika berbaur dengan masyarakat. Terutama yang harus diperhatikan dari etika seorang guru adalah ikhlas, yang berarti bahwa guru memiliki niat yang konsisten yakni untuk mencerdaskan peserta didik juga tidak mengharapkan sesuatu apapun selain dari ridlo Allah. Tidak kalah dari itu seorang guru harus memiliki sifat sabar baik dalam mendidik. Karena yang disampaikan seorang guru adalah ilmu, dan ilmu ini adalah sesuatu yang sangat mulia tidak boleh disampaikan dengan hati yang kurang bersih seperti marah, letih, dan lesu.
Kata Kunci: Ikhlas; Sabar; Pendidik; K.H. Hasyim Asy’ari
References
Fadli, Muhammad Rijal. Ajat Sudrajat. Keislaman dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari, Vol.18 (2020): 112.
Rozikin, Badiatul. 2009. 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia. Yogyakarta: e-Nusantara.
Yusuf, M. Ahmad, Balo Siregar. Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka, dalam 1446-Article Text-3426-1-10-20180419.pdf, diakses pada 24 Oktober 2022
Ghazali, Al. Ihya’ Ulum al Din. Beirut : Dar Ma’rifah .t.th.
Wijaya, Aksin. 2009. Arab Baru Studi Ulum al Quran. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Asy’ari, Hasyim. Adabul Alim Wal Muta’alim. Maktabah At-Turots.
An-Nawawi, Yahya Bin Syarofuddin, Al Arba’in An Nawawiyah. Al Barokah Semarang
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muh. Adib Musthofa Masduqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).










