PERAN KOMITE SEKOLAH SEBAGAI ADVISORY AGENCY DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 19 BONE

  • Andi Asasi Syam
    (ID)
  • St. Syamsudduha
    (ID)
  • Muhammad Khalifah Mustamin
    (ID)

Abstract

Tulisan ini akan mengurai tentang peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 19 Bone. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 19 Bone, yang terletak di Desa Masago Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik, sosiologis, dan manajerial. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua komite, guru dan tenaga kependidikan sekolah, orang tua siswa dan masyarakat. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi penting menyangkut profil sekolah dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, cacatan lapangan, dan studi dokumentasi. Instrument yang digunakan oleh peneliti yaitu panduan observasi, pedoman wawancara, dan format catatan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah di SMA Negeri 19 Bone sebagai pemberi pertimbangan, berjalan sesuai dengan prosedur, dengan asumsi bahwa komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan pelaksanaan kebijakan di satuan pendidikan melibatkan semua unsur, baik dari unsur sekolah ataupun dari luar sekolah seperti orang tua siswa dan masyarakat. Karena dari pelibatan semua unsur komite sekolah, orang tua siswa dan masyarakat akan sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

References

Ardy dan Irham https://radarbone.fajar.co.id/sekretaris-polisikan-ketua-komite-sekolah-di-bone/. Diakses: Senin, 12 Februari 2018.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Budimansyah, Dasim, Indikator Kinerja Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Online: http://.www.dikdasmen.depdiknas sentral/dewandik dan komite.go.id) DiaksesTanggal 22 Januari 2012.

Deparetemen Pendidikan Nasional RI, Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002.

Duhou, Ibtisam Abu, School Based Management, Jakarta: Kencana, 2004.

Haryadi, Yadi, dkk., Pemberdayaan Komite Sekolah: Bahan Pelatihan untuk Fasilitator Inti Komite Sekolah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota pada Modul Penguatan Lembaga Komite Sekolah, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kegiatan Peningkatan Kegiatan dan Usaha Manajemen Pendidikan Depdiknas RI, 2010.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

, Otonomi Pendidikan (Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 2006.

https://www.academia.edu/.people/search?utf8=%E2%9C%93&q=journal+school+coomitte. Diakses: Jumat, 5 Oktober 2018.

Masduki, Studi Peran Kepala Sekolah dan Komite Sekolah (Online: http://. www. mbeproject net/mbe59.html) (Diakses Tanggal 22 Januari 2012), h. 3.

Misbah, M., Peran dan Fungsi Komite Sekolah Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan, https://scholar.google.co.id/scholar?start=40&q=jurnal+komite+sekolah&hl=id&as_sdt=0,5. Diakses: Senin, 20 November 2017.

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: Rosdakarya, 2005.

, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi Jakarta: PT Grasindo, 2005.

Pantjastuti, Sri Renani, dkk., Komite Sekolah, Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008.

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Bina Aksara, 2011.

Pidarta, M., Perencanaan Pendidikan Partisipasi dengan Pendekatan Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Qomar, Mujamil, Manajemn Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2008.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Raynolds, Larry J., Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah; Pedoman bagi Praktisi Pendidikan. terj. Teguh Budiharso, Cet.II; Jakarta: Diva Pustaka, 2005.

Rohiat, Manajemen Sekolah: Teori dasar dan Praktek, Bandung: Refika Aditama, 2008.

Redaksi, https://radarbone.fajar.co.id/astaga-pungutan-komite-bermunculan-di-bone/. Diakses: Senin, 16 Juli 2018.

Salladien, Komite Sekolah dan Kaitannya dengan Implementasi KBK.Makalah Seminar (7 Juli 2004). Fakultas MIPA, Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: CV Alfabeta, 2008.

Sari, Erna Avriana Purnama, Peran Komite Sekolah Dalam Mendukung Peningkatan Mutu SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, https://scholar.google.co.id/scholar?start=40&q=jurnal+komite+sekolah&hl=id&as_sdt=0,5. Diakses: Senin, 20 November 2017.

Sholeh, Abdul Rochman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi Misi dan Aksi Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Sidi, Indra Jati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Cet. I; Jakarta: LogosWacana Ilmu, 2001.

Sulistyorini dan Muhammad Fathurrohman, Esensi Manajemen Pendidikan Islam: Pengelolaan Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Yogyakarta: Teras, 2014.

, Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi Dan Aplikasi Yogyakarta: Teras, 2009.

Suryosubroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Syaifuddin, Muhammad dkk, Manajemen Sekolah, Depdiknas, 2007

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2011.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2002.

Wardiah, Sri, Murniati dan Djailani, 2014. Strategi Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri 1 Lhoknga,, https://scholar.google.co.id/scholar?start=40&q=jurnal+komite+sekolah&hl=id&as_sdt=0,5. Diakses: Senin, 20 November 2017.

Sumber Wawancara

Drs. H. Andi Zainal Abidin S.Pd., M.Si., M.Kes, Ketua Komite, Wawancara, di Bajoe.

Dra. A. Sukmawati Andi Zubaer, M.Si, Kepala Sekolah SMA Negeri 19 Bone, Wawancara, Masago.

Published
2017-12-30
How to Cite
Syam, A. A., Syamsudduha, S., & Mustamin, M. K. (2017). PERAN KOMITE SEKOLAH SEBAGAI ADVISORY AGENCY DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 19 BONE. Jurnal Diskursus Islam, 5(3), 548-569. https://doi.org/10.24252/jdi.v5i3.7087
Section
Artikel
Abstract viewed = 904 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>