ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN ONLINE SHOPPING DI KOTA MAKASSAR

Okta Nofri, Andi Hafifah

Abstract


This study investigates factors influencing online purchase decision making in city of Makassar. The factors suspected to have an effect on buying decision (dependent variable) include cultural, social, personal and psychological factors (independent variable). For that, the questionnaire was filled by no less than 100 randomly selected samples. Respondents replied with a likert scaled list of statements associated with the variables studied. The results of quantitative analysis indicate that cultural, social, personality and psychological factors have a positive and significant influence on online purchasing decisions either simultaneously or partially. The most dominant variables affecting online purchasing decisions are social factors.


Keywords


Consumer Behavior, E-Commerce and Online Purchase Decision

References


APJII. 2017. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Pengguna Internet Indonesia: Survey. https://apjii.or.id. (diakses pada tgl 4 Juni 2018)

Basuki, Agus, Tri dan Nano Prawoto. 2004. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada

Bhuono, Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu: Memilih metode statistik penelitian dengan SPSS, Jakarta: Erlangga

Didin, Kartikasari, dkk (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan merek Indomie), Jurnal Administrasi Bisnis Vol 3, No 2: JULI

Engel, F. James, Blackwell D. Roger, dan Miniard W. Paul. 2010. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Budiyanto. Binarupa Aksara, Jilid 1, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Diponegoro

Globalwebindex. 2018. Trends 18, The Trends to Know for 2018. Tersedia pada https://cdn2.hubspot.net/hubfs/304927/Downloads/Trends-18.pdf. (Diakses pada 30 Mei 2018).

Herlambang, Susatyo. 2004. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Cet; Gosyen Publishing

Irianto, Agus. 2003. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana

Kotler, Philip dan Keller, Lane Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Lane Kevin. 2016. A Framework for Marketing Management. Global Edition. Pearson Education Limited, 6th Edition

Kuncoro, Agus. 2010. Analysis Multivariat, Bandung: Penerbit Alfabeta

Lamb, Hair. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Mariaji, Wahyu dan Yuniati, Tri. (2014). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 8

Notoatmodjo, Seokidjo. 2003. Pendidikan & Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Pasha, Muhammad Reksa. 2017. Kemudahan yang Didapat dari Belanja Online, https://blog.syarq.com (diakses pada tgl 21 Mei 2017)

Paul.D. Leedy and Jeanne.E. Ormrod. 2005. Practical Research: Planning and Design Research Edisi 8. Ohio : Pearson Merrill Prentice Hall

Peter, Paul J. and Olson, C. Jerry. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Mcgraw-Hill/Irwin Series in Marketing, 9th Edition

Rafiz, Fadhil Mohammad. 2016. Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Daihatsu: Studi pada Konsumen Kendaraan Daihatsu di PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang, Jurnal Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang, Vol. 39 No. 2.

Rahman, M. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Masyarakat Memilih Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fityan Kabupaten Gowa. Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah), 1(1).

Rahman, Muh. Akil. (2016, June). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Lewat Internet di Kalangan Mahasiswa. In Assets (Vol. 6, No. 1, pp. 103-115).

Schiffman, G. Leon, Kanuk L. Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. INDEKS

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ke-13, Jakarta

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS untuk Penelitian, Yogyakarta

Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wells and Gubar. 1966. Life Cycle Concept in Marketing Research. Journal of Marketing. November

Widaryono, Agus. (2013). Ekonometrika Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis (Yokyakarta: Ekonosia, 2005), Hal. 177-182




DOI: https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi indexed by

   

In Collaboration with:

 

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi

ISSN Print: 2442-4951 ISSN Online: 2597-6990

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: minds@uin-alauddin.ac.id