ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN MATEMATIKA

Authors

  • Wahidah Alwi Program Studi Matematika UINAM

DOI:

https://doi.org/10.24252/msa.v5i1.4472

Abstract

Pada artikel ini mendiskusikan hasil penelitian terkait dengan kualitas layanan pada laboratorium computer prodi matematika uinam. Umpan balik ini sebagai evaluasi dan pertimbangan dalam memberikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan mahasiswa sebagai pengguna di laboratorium komputer Jurusan Matematika. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa terhadap faktor bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (emphaty). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa terhadap faktor (1) bukti fisik (tangibles) yaitu 17% responden menyatakan sangat tidak puas, 58% responden menyatakan puas, dan 24,9% meyatakan ragu-ragu terhadap variabel tersebut. (2) Faktor kehandalan (reliability) yaitu 22% responden menyatakan sangat tidak puas, 47,4% responden menyatakan puas, dan 30,6% responden menyatakan ragu-ragu terhadap variabel tersebut. (3) faktor daya tanggap (responsiveness) yaitu 9,5% responden menyatakan sangat tidak puas, 58,2% responden menyatakan puas, dan 32,3% responden menyatakan ragu-ragu terhadap variabel tersebut. (4) faktor jaminan (assurance) yaitu 7,7% responden menyatakan sangat tidak puas, 65,4% responden menyatakan puas, dan 26,9% responden menyatakan ragu-ragu terhadap variabel tersebut. (5) faktor kepedulian (emphaty) yaitu 13,0% responden menyatakan sangat tidak puas, 58,3% responden menyatakan puas, dan 28,7% responden menyatakan ragu-ragu terhadap variabel tersebut.

Author Biography

Wahidah Alwi, Program Studi Matematika UINAM

Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Rajagrafindo Persada. Jakarta, 2005.
Rambat, Lupioadi dan A. Hamdani. Majanemen Pemasaran Jasa. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta, 2006.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik. Penerbit: Andi. Yokyakarta, 2012
Von Eye, Alexander. Log-Linear Modeling. John Wiley & Sons Inc. Publication. New York, 2013
Wiley and Sons. The Analysis of Cross Tabulatea Data. Graham J.G. Upton. New York, 1978.

Published

2019-07-19

How to Cite

[1]
W. Alwi, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN MATEMATIKA”, MSA, vol. 5, no. 1, p. 1, Jul. 2019.

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>